Pantau Arus Mudik, Polres Gresik Pasang CCTV di Jalur Pantura

0
572 views

BeritaGresik.com – Satuan Lalu lintas Resor Kabupaten Gresik, berencana memasang dua kamera pemantau (CCTV) di Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa. Pemasangan kamera pengintai itu untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran 2015.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Happy Sahputra mengatakan, dua kamera CCTV akan diletakkan di antara titik timur Desa Samir dan titik barat Desa Setro.

“Dua kamera ini untuk memantau kawasan Pantura di Duduksampeyan, Kabupaten Gresik yang menghubungkan arah Lamongan maupun Surabaya,” kata AKP Happy di Gresik, Sabtu (4/7).

Untuk mengurai kemacetan arus mudik Lebaran, Santlantas Resor Kabupaten Gresik akan menerapkan rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup.
Namun, sebelum diterapkan akan dilakukan pemantauan terlebih dulu untuk mengetahui titik kemacetan dari arah timur atau barat.

“Inilah tujuan kita memasang CCTV di dua titik, yakni untuk mengetahui potensi kemacetan yang kemudian nanti dipantau lewat monitor yang berada di pos pantau,” tuturnya.

Setelah diketahui terdapat kemacetan, lanjut AKP Happy, akan segera diinformasikan melalui pesawat telepon anggota. Dengan cepat para petugas akan menerapkan rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup.

Karena itu, Happ mengimbau kepada para pengguna jalan agar tertib serta mematuhi rambu-rambu yang sudah ada, sehingga arus lalu lintas pada saat mudik nanti bisa lancar. [as]