Kapal Cepat Senilai Rp 50 M Rute Bawean-Gresik Segera Beroperasi

0
1,473 views

GRESIK, BeritaGresik.com – Kapal Cepat Express Bahari 8E senilai Rp 50 miliar tujuan Bawean-Gresik PP dalam waktu dekat segera beroperasi. Kapal yang terbuat dari bahan aluminium itu memiliki kapasitas 400 penumpang. Rencananya, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, akan menaiki kapal tersebut untuk pelayaran perdana saat berkunjung ke Pulau Bawean.

Dirut PT Pelayaran Sakti Inti Makmur (SIM) yang juga operator KMP Ekspress Bahari, Kurmin Halim mengatakan, kapal yang didatangkan berbeda dengan Kapal Motor Penumpang (KMP) Ekspress Bahari. “Daya tampungnya lebih banyak dibanding KMP Ekspress Bahari, dan bahannya dari aluminium bukan fiber, Kamis (4/6).

Menurut Kurmin Halim, alasan pihaknya mendatangkan kapal baru karena Bupati Gresik akan melakukan revisi tarif pelayaran ke Pulau Bawean. Dengan adanya revisi tersebut, membuat pihaknya melakukan pembenahan lebih baik dalam melayani jasa penumpang. “Ini merupakan bukti komitmen kami, asalkan BUMD PT Gresik Samudra tidak mengobok-obok kami lagi,” tuturnya.

Saat ditanya persoalan dengan PT Gresik Samudera. Dikatakan Kurmin Halim pihaknya malah mempertanyakan aturan yang digunakan PT Gresik Samudra dalam ikut menentukan tarif tiket. Pasalnya, adanya aturan tersebut memang memberatkan karena menambah beban pada harga tiket. “Kami tidak masalah selama ada aturannya. Tapi, saat kami cek ke peraturan daerah atau perda ternyata tidak ada.

PT Pelayaran SIM selaku operator pelayaran, dalam perjalannya sudah 9 tahun menyediakan transpotasi tujuan Gresik-Bawean. Kondisi tersebut berbeda halnya dengan keberadaan BUMD PT Gresik Samudera yang belum lama beroperasi.

“Kalau mereka PT Gresik Samudera tetap ngotot minta. Ya harus penuhi dulu kenaikan tarif, begitu juga untuk sosialisasinya terhadap warga Bawean. Sebab, dalam satu tiket tersebut, ada nilai rupiahnya. [wan]