Pemerintah Blokir 11 Situs Bermuatan SARA

0
319 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresik.com –┬áKementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memblokir 11 situs di internet yang mengandung konten SARA. Langkah itu diambil karena dinilai membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ya benar, 11 sudah minta diblokir tadi malam,” kata Plt Kepala Pusat Hubungan Masyarakat Kemkominfo Noor Iza di Jakarta seperti dilansir Antata News, Kamis (3/11/2016).

Sebelumnya dikatakan ada beberapa situs bermuatan SARA yang diblokir oleh Kementerian atas permintaan lembaga dan instansi terkait. Situs tersebut dinilai provokatif, mengandung ujaran kebencian, berpotenai memecah belah.

Menurut Iza, pemblokiran terhadap 11 tersebut dilakukan atas adanya permintaan dari lembaga dan instansi terkait seperti Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

11 situs yang diblokir Kemenkominfo di antaranya lemahirengmedia.com, portalpiyungan.com, suara-islam.com, smstauhiid.com, beritaislam24h.com, bersatupos.com, pos-metro.com, jurnalmuslim.com, media-nkri.net, lontaranews.com dan nusanews.com.

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat, hingga Juli 2016, terdapat 770.504 situs yang diblokir, 86 di antaranya situs radikal dan 23 situs yang bermuatan SARA/ kebencian. (ant/as)