Bupati Gresik Ingatkan Kepsek tak Lakukan Pungli

0
806 views
Pengambilan sumpah dan janji PNS dari kalangan guru dan kepala sekolah di Kantor Pemkab Gresik. (Foto: Istimewa)
Pengambilan sumpah dan janji PNS dari kalangan guru dan kepala sekolah di Kantor Pemkab Gresik. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengingatkan kepada para kepala selolah (Kepsek) dan guru di Kabupaten Gresik agar menjauhi tindakan pungutan liar (pungli), baik terhadap murid maupun wali murid.

Peringatan itu disampaikan Sambari saat mengambil sumpah dan janji PNS dari kalangan guru dan kepala sekolah di lingkungan Pemkab Gresik, di ruang Putri Cempo Kantor Bupati Gresik, Kamis (3/11/2016).

“Pokoknya jangan aneh-aneh. Jangan sekalipun menarik sumbangan, pungutan liar dan sejenisnya meskipun sumbangan itu sudah disetujui oleh komite sekolah,” kata Sambari.

Bupati Sambari mengaku sudah sering mengingatkan larangan melakukan pungli di sekolah. Ia tidak segan untuk memberikan sanksi tegas bagi kepala sekolah dan guru yang terbukti terlibat praktik pungli, termasuk pemecatan.

“Kalau sampai tidak mengikuti peringatan saya, maka Anda akan menanggung sendiri akibatnya. Saya sudah berulangkali mengingatkan,” tegasnya.

Menurut Bupati, sumpah bagi kepala sekolah dan guru waktu itu berbeda dengan sumpah janji PNS yang biasanya diikuti oleh PNS yang baru diangkat.

“Kalau biasanya sumpah janji diikuti oleh pegawai yang masih muda-muda. Kali ini yang disumpah pegawai yang sudah kawak, yang sudah mau pensiun,” ucapnya. (as)