Warga Pertanyakan Komitmen Relokasi PT Jasatama Gresik

0
551 views

Demo-warga-gresik

BeritaGresik.com  Warga sekitar perusahaan bongkar muat batu bara milik Pelindo kembali mendatangi Kantor KSOP Gresik. Mereka menanyakan komitmen untuk merelokasi PT Jasa Tama sesuai tuntutan yang diajukan warga saat unjukrasa.

Hingga kini warga masih menghendaki dilakukannya relokasi usaha bongkar muat batu bara karena dianggap telah menimbulkan polusi debu serta mengancam kesehatan masyarakat sekitar.

Tak hanya itu, sebagian warga juga menduga pendirian perusahaan bongkar muat batu bara tidak memiliki amdal. Bahkan warga di ring wilayah perusahaan mengaku tidak pernah diajak bicara sedikitpun terkait pendirian perusahaan itu.

Menanggapi hal itu, Kepala KSOP kelas II Gresik Captain Dahlan mengatakan, keberadaan PT Jasa Tama di tempat itu termasuk program pemerintah dalam mensuplai puluhan perusahaan di Gresik, Sidoarjo dan Lamongan yang memakai bahan bakar batu bara.

Sedangkan KSOP disebut hanya melaksanakan rekomendasi program Pelindo pusat. Lalu terkait izin pelaksanaan dan pendirian disebut kewenangan kementerian. PT Jasa Tama merupakan aset negara yang tidak bisa ditutup begitu saja.

“Artinya, harus ada solusi yang nantinya tidak ada yang dirugikan. PT Jasa Tama merupakan program pemerintah dan mengenai izin dan pelaksanaan itu bisa dipastikan sudah sesuai prosedur,” terang Dahlan. [zr]