Pemulangan Jenazah ke Bawean Gratis, Pihak Keluarga Apresiasi KM BSJ

Jenazah salah seorang warga Bawean yang meninggal di Gresik dipulangkan dengan KM Blue Sea Jet 1. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Untuk pertama kalinya kapal Blue Sea Jet 1 mengangkut jenazah dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean, Rabu (3//7/2019).

Jenazah almarhumah Mutmainnah (40), warga desa Kepuh Legundi kecamatan Tambak, yang tutup usia di RS Ibnu Sina Gresik akibat penyakit kanker payudara, dipulangkan dengan KM Blue Sea Jet 1.

Menurut Fina (30), adik almarhumah menuturkan, pihak keluarga sangat menginginkan jenazah almarhumah dikebumikan di kampung halamannya.

“Meninggalnya tadi malam, dan semua keluarga mau jenazah dimakamkan di Pulau Bawean, “tuturnya saat ditemui di atas kapal Blue Sea Jet 1.

Fina menambahkan, untuk membawa jenazah ke Bawean dengan kapal Blue Sea Jet 1, pihaknya hanya diminta menyetorkan KTP almarhumah dan KTP keluarga. Bahkan, lanjut Fina, pihak kapal memberikan fasilitas gratis untuk jenazah dan 1 orang keluarga pengantar.

“Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada perusaan kapal ini yang sudah membantu keluarga kami, tadi orang kapalnya bilang gratis,” imbuhnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Megi, salah satu ABK kapal Blue Sea Jet 1. Menurutnya, untuk mengangkut jenazah pihak managemen kapal BSJ memberikan fasilitas gratis, termasuk satu orang keluarga pengantar.

“Dari perusahaan kami memang menggratiskan jenazah dan satu orang keluarga pengantar, asalkan semua dokumen yang diperlukan diurus sendiri,” pungkasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya tidak ada kapal rute Gresik-Bawean yang bersedia membawa jenazah ke Pulau Bawean. Akibatnya, pihak keluarga terpaksa harus menyewa perahu nelayan dengan biaya berkisar Rp7 juta hingga Rp12 juta. (abr)

No Response