Picu Antrean Panjang, Pemasangan Pagar Besi di Pelabuhan Diprotes

0
290 views

BeritaGresik.com – Pemasangan pagar besi di depan terminal penumpang pelabuhan Gresik menuai protes dari para calon penumpang. Keberadaan pagar tersebut dinilai telah menghambat kelancaran lalu lintas keluar masuk calon penumpang.

Abd Hamit (40), mewakili komunitas Pemuda Bawean Gresik (PBG) meminta petugas PT Pelindo untuk segera membuka pagar besi tersebut. Pagar besi itu dianggap telah menyebabkan terjadinya antrian panjang penumpang yang hendak memasuki terminal.

Hamit menyadari jika pemasangan pagar besi di depan terminal itu bertujuan baik, yakni untuk memberikan rasa aman bagi para penumpang dan sepeda motor yang diparkir di sekitar pelabuhan. Namun, keberadaan pagar besi yang membuat calon penumpang memutar panjang dinilai tidak tepat.

“Meski dipasang pagar besi seperti ini, tapi petugasnya nyantai semua gitu, ya percuma, buktinya sudah berapa unit sepeda yang hilang di sini, seharusnya pagar itu dibuka tapi demi keamanan ya harus sistemnya yang diperbaiki,” kata dia kepada BeritaGresik, Jumat (3/7).

Dia justru menuding petugas yang berdalih bahwa pihaknya memasangi pagar besi agar kawasan itu steril dipandang keliru. Hamit bahkan menilai hal itu telah menunjukkan betapa bobroknya sistem pengamanan di kawasan pelabuhan penumpang itu.

Pelabuhan Gresik ini, lanjut Hamit, sudah masuk kategori pelabuhan kelas dua. Karena itu, harusnya pelayanan di pelabuhan lebih maksimal. “Mereka (penumpang/red) bayar pas Rp4.000 loh, masak pelayanannya kayak gini, terus kerja mereka (petugas/red) apa?” tanya Hamit. [abr]