Truk Tak Layak Muat Persempit Pelabuhan Gresik

0
1,216 views

GRESIK, BeritaGresik.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Gresik bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) akan menertibkan truk-truk tua yang mangkrak di kawasan pelabuhan.

Penertiban tersebut juga dilakukan bersama Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) dan Organisasi Angkutan Darat (Organda). Hal itu dilakukan agar tidak ada permasalahan di kemudian hari. Tapi sampai sekarang, masih ada permasalahan klasik yaitu tidak disediakan lahan parkir.

Akibatnya, kawasan pelabuhan seperti tempat penampungan besi tua hingga area pelabuhan menjadi sempit dan semrawut.

“Sejak beberapa tahun lalu, permasalahannya tidak berbeda yaitu tidak ada lahan parkir bagi truk selesai bongkar dan antre muatan di Pelabuhan Gresik. Makanya, kami ajak duduk bersama antara Pelindo, KSOP, Organda, Asosiasi dan Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik, agar tidak meloloskan truk yang sudah tidak layak muat,” kata Haris, Manager Umum Pelindo III Cabang Gresik.

Dia berharap, penertiban truk-truk tua dapat membuat bersih dan longgar kawasan Pelindo III. “Truk cukup bongkar kemudian meninggalkan pelabuhan. Tidak seperti sekarang ini. Apakah antre muat atau rusak, kami tidak tahu,” ujarnya.

Sementara itu, Nanang Afandi, Kepala Seksi Kepelabuhanan KSOP Gresik, mengatakan, KSOP setuju adanya Penertiban parkir truk di area Pelabuhan Gresik, tapi yang perlu dipikirkan yaitu tempat parkir truk yang dilarang parkir di dalam area pelabuhan.

“Jangan setelah menertipkan truk di dalam area pelabuhan, kemudian muncul masalah baru. Seperti, parkir truk sembarangan di tepi jalan raya, terjadi kecelakaan dan kemacetan karena jalan sempit karena banyak truk parkir di tepi jalan,” kata Nanang.

Dengan permasalahan lama, pihak KSOP Gresik contoh penyelesaian. Misalnya, truk yang tidak mempunyai surat izin muat dilarang masuk area Pelabuhan Gresik. “Atau truk bukan organda Gresik dilarang parkir di dalam area pelabuhan. Itu nanti kami rapatkan dengan berbagai pihak. [wan]