DPRD Gresik: Laporkan Jika Ada Pungli Siswa Baru!

0
333 views

GRESIK, BeritaGresik.com – Komisi D DPRD Gresik menghimbau kepada wali murid yang akan mendaftarkan ke sekolah negeri agar melapor jika ada pungutan liar akan memasukkan anaknya ke sekolah.

“Laporkan saja ke Dewan jika ada pungli di sekolah negeri untuk pendaftaran siswa baru nanti,” kata Ruspandi Sunaryo, Ketua Komisi D DPRD Gresik, Rabu (3/6).

Menurut dia, uang jaminan masuk ke sekolah negeri yang melalui jalur merupakan jenis kegiatan gratifikasi, sebab diberikan kepada guru Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Jadi itu gratifikasi. Pokoknya, wali murid harus berani lapor ke penegak hukum dan dewan. Laporkan ke dewan pasti kita lindungi pelapornya,” tegasnya.

Isu uang titip untuk memasukkan anak ke sekolah negeri sudah tidak asing lagi untuk lembaga pendidikan di Gresik. Nilainya bervariasi, mulai Rp 1,5 juta, Rp 3,5 juta sampai Rp 10 juta.

“Uang titip ini sudah tidak rahasia lagi bagi orang tua yang ingin anaknya sekolah di sekolah negeri,” kata wali murid yang ingin anaknya masuk di SMA Negeri dan tidak mau disebut namanya. [Surya/AS]