DPRD Gresik Usul Pembentukan Timwas Perizinan

0
277 views
Stadiun GJS. (Foto: BG/Wan)
Stadiun GJS. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Kinerja Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Kabupaten Gresik dinilai masih sangat lamban. Untuk itu, DPRD Kabupaten Gresik mengusulkan pembentukan tim pengawas (Timwas) soal perizinan.

Kasus pembangunan Stadion Gelora Joko Samudro (GJS) yang hingga kini belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dilihat sebagai indikasi lambatnya kinerja BPMP. Padahal, Dinas PU sudah memgajukan izin sejak dua tahun silam.

“Selain karena lemahnya kordinasi antarinstansi, kinerja BPMP sendiri juga terlihat lamban,” kata anggota Komisi A DPRD Gresik, Syaichu Busiri, Selasa (3/5/2016).

Menurut dia, persoalan ini sudah sempat dibahas dengan Pemkab Gresik. Dalam pembahasan itu Dewan dikatakan telah merekomendasikan agar Bupati Gresik melakukan pembinaan khusus terhadap kinerja kantor perizinan tersebut.

Selain itu, Dewan juga mengusulkan pembentukan tim pengawas khusus masalah perizinan. Tim ini bertugas melakukan pengawasan, mulai sejak pengajuan, proses, hingga pengawasan di lapangan.

Meski telat mengantongi IMB, Stadion Gelora Joko Samudro Gresik tidak bisa kena denda. Sebab, stadion berkapasitas 23.000 penonton yang berdiri megah di Jalan Veteran Gresik tersebut masuk dalam kategori pengecualian.

Sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 5/2015 tentang Retribusi Perizinan Tertentu, ada pengecualian retribusi IMB. Stadion GJS masuk kategori ini, sehingga, meski belum miliki IMB, tetap tidak bisa dikenakan sanksi denda.

“Tapi persoalannya bukan hanya itu. GJS ini milik pemerintah, harusnya memberi contoh terhadap lainnya. Bukan malah tidak tertib seperti ini, sudah lama berdiri tapi IMB belum rampung,” kata Abdullah Syafi’i, anggota DPRD Gresik. (wan)