Alokasi Dana Desa Meningkat Pada 2016

0
1,007 views
Ilustrasi Gambar uang.
Ilustrasi Gambar uang.

BeritaGresik.com – Alokasi dana desa untuk 330 desa dan 26 kelurahan di Kabupaten Gresik meningkat drastis pada tahin 2016. Total alokasi dana desa untuk seluruh desa dan kelurahan di Gresik tersebut mencapai Rp400 miliar.

Peningkatan alolasi dana desa untuk tiap desa di Gresik terjadi setelah berlakunya Undang-undang No 6/2014 tentang Desa. Itu dibenarkan Kepala Bidang Anggaran Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Gresik, Mukhtar, Rabu (3/2/2016.

Menurut dia, empat alokasi dana desa itu di meliputi Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp109,7 miliar. Lalu, dana bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah sebesar Rp56,6 miliar, dan dana bantuan keuangan khusus sebesar Rp75 miliar, yang ketiganya bersumber dari APBD Gresik.

Selain itu ada lagi dari pemerintah pusat melalui APBN yakni Alokasi Dana Desa (ADD) dengan total sebesar Rp205,6 milliar. PjvBupati Gresik Akmal Budianto mengakui adanya peningkatan anggaran ke desa yang sangat drastis pada 2016.

“Oleh karena itu, seiring meningkatnya dana pemerintah yang teralokasi ke desa, saya berpesan agar para pengelola anggaran di desa bersikap hati-hati dan teliti,” Kata Akmal, saat membuka lokakarya pengelolaan anggaran desa di Kantor Bupati Gresik.

Akmal meminta agar para pejabat di desa untuk bekerja sesuai aturan dan mekanisme yang ada dalam mengelola keuangan. “Saya hanya berpesan agar pejabat desa selalu berkoordinasi dan berkonsultasi, sehingga benar-benar sesuai aturan,” tandasnya.

Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Gresik, Tugas Husni Syarwanto juga mengingatkan bahwa mengelola keuangan negara itu tidak gampang. Dibutuhkan keseriusan, ketelitian, konsultasi dan koordinasi.

“Dan kami siap membantu serta membekali desa dalam penyusunan dan mengelola anggaran desa melalui berbagai kegiatan lokakarya,” pungkanya. (ant/wan)