Penerbangan Bawean-Surabaya Dibuka Januari 2016

0
4,919 views
Menteri Perhubungan RI Jonan Ignasius saat berkunjung ke Bandara Bawean, Rabu (23/09). (Foto: BG)
Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan saat berkunjung ke Bandara Bawean, Rabu (23/9/2015) (Foto: BG)

BeritaGresik.com – Jalur penerbangan dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Harun Thohir Bawean atau sebaliknya dijadwalkan akan dibuka pada Januari 2016. Saat ini tinggal menunggu proses lelang penerbangan.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo menyatakan jalur penerbangan perintis Bandara Bawean, Kabupaten Gresik, dijadwalkan dibuka pada 2016.

“Kalau proses lelangnya berjalan lancar, penerbangan perintis dengan jalur Bawean-Surabaya dan Surabaya-Bawean bisa dimulai awal 2016. Insya-Allah,” kata Wahyu di Sumenep, Rabu (2/12/2015).

Menurut dia, proses lelang penerbangan perintis di jalur Bawean-Surabaya dan Surabaya-Bawean sudah dilakukan. Proses itu ditargetkan selesai pada Desember 2015.

“Kalau berjalan lancar, penerbangan perintis yang memanfaatkan Bandara Bawean memang bisa dimulai pada awal 2016,” tegas Wahyu.

Dia mengungkapkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah menyetujui jalur penerbangan perintis di jalur Bawean-Surabaya dan Surabaya-Bawean sebagai salah satu program pada 2016.

“Warga Pulau Bawean diharapkan tidak lagi terisolasi, ketika transportasi jalur laut terganggu oleh kondisi cuaca laut buruk,” ujarnya. [zr]