Haidar Larang Pendemo 4 November Bawa Atribut Muhammadiyah

0
485 views
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haidar Nasir usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haidar Nasir usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

BeritaGresik.com –┬áKetua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nasir mengimbau warga Muhammadiyah agar tidak membawa atribut milik Muhammadiyah dalam demonstrasi 4 November 2016.

“Muhammadiyah secara kelembagaan tidak ikut serta dan terlibat dalam aksi unjuk rasa 4 November. Segala akibat yang timbul merupakan tanggung jawab pribadi,” kata Haedar di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Dia tidak melarang warganya untuk turut serta dalam demonstrasi, karena unjuk rasa merupakan hak yang sah dalam berdemokrasi selama dalam koridor kesantunan dan keadaban.

“Aksi demonstrasi merupakan bentuk pernyataan pendapat dan aspirasi, merupakan hak warga negara yang dijamin Undang-undang Dasar dan tidak dapat dilarang oleh siapapun termasuk pemerintah,” ujarnya.

Demonstrasi yang santun dan beradab, kata Haidar, mencerminkan akhlak Islami dan budaya Indonesia. Aksi demonstrasi juga sudah seharusnya mengindahkan ketentuan hukum.

Untuk itu, ia mengingatkan agar unjuk rasa tidak digiring ke ranah politik karena sejatinya masih banyak tugas berat dalam mengamalkan Alquran. (ant/as)