Dalam Hitungan Menit, KM Dewaruci Lenyap

0
2,720 views
Petugas gabungan saat melakukan pencarian 4 ABK KM Dewaruci yang belum ditemukan. (Foto: Lest)
Petugas gabungan saat melakukan pencarian 4 ABK KM Dewaruci yang belum ditemukan. (Foto: Lest)

BeritaGresik.com – KM Dewaruci Perkasa langsung tenggelam dan lenyap hanya dalam waktu sekitar 5 menit, setelah lambung kapal bagian kiri menabrak kapal lain di perairan laut Gresik, Selasa (1/11/2016) siang.

Detik-detik tenggelamnya kapal dengan nomor register GT558 itu diungkapkan anggota Sat Polair Polres Gresik Brigadir Sangga Prahara dan Brigadir Taufik, yang kebetulan waktu itu sedang melakukan patroli di lokasi kejadian.

Brigadir Sangga Prahara menjelaskan, saat itu sekitar pukul 15.00 Wib, dirinya bersama rekannya Brigadir Taufik yang mengemudikan speed boat tengah melintas di jalur perairan tersebut.

Di lokasi yang sama terdapat dua kapal kargo tengah melintas. Tiba-tiba, salah seorang penumpang di kapal kargo tersebut berteriak memberitahu petugas polisi bahwa ada kapal tenggelam.

“Pak, itu ada kapal tenggelam Pak,” ujar Brigadir Sangga Prahara menirukan perkataan salah seorang penumpang kapal kargo, Selasa (1/11/2016) malam.

Mendengar teriakan itu, petugas patroli langsung mendatangi lokasi kejadian dan mencoba untuk mendekat. Namun ternyata, KM Dewaruci Perkasa sudah dalam kondisi tenggelam ke dalam laut.

Melihat itu, Brigadir Sangga Prahara menginstruksikan kepada para anak buah kapal untuk melompat. Dalam kepanikan, anggota Sat Polair langsung menghubungi instansi terkait melalui pannic button pada aplikasi Go sigap.

“Loncat.. loncat.. Cepat loncat dan pakai pelampung kalian,” teriak Brigadir Sangga Prahara, anggota Sat Polair Polres Gresik menggunakan speed boat yang dikemudikan Brigadir Taufik.

“Awas..Awas, ke hisap kamu (kru, red) dan buang barang-barang kalian!” ucap Brigadir Sangga Prahara lagi.

Kapal Dewaruci pun perlahan lahan mulai tenggelam, semua orang terlihat panik. Salah satu orang melompat dan diikuti oleh lainnya. Ada juga yang masih sempat mengemasi barangnya.

“Kejadiannya sangat singkat, hanya sekitar 5 menit, kapal langsung lenyap,” ungkap Brigadir Sangga Prahara.

Seperti diketahui, KM Dewaruci Perkasa yang bermuatan 1000 ton semen itu ditumpangi satu nakhoda bernama Arif (50) dan 12 ABK. 9 ABK selamat dan dievakuasi, lalu 4 ABK lainnya hingga kini belum ditemukan. (lest/as)