Buntut PHK, Buruh di Gresik Geruduk PT CAB

0
2,231 views
Demo buruh (Foto: Bangsa Online)
Demo buruh (Foto: Bangsa Online)

BeritaGresik.com – Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Kahutindo Kabupaten Gresik menggelar aksi demo di pabrik PT. Citra Abadi Bosco (CAB) di Jl Raya Sembayat, Desa Banyuwangi, Rabu (2/11/2016).

Dalam kesempatan itu, ratusan massa buruh mendesak agar pihak majemen perusahaan yang bergerak di sektor pengolahan kayu itu mempekerjakan kembali sekitar 26 buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Para demonstran juga menuntut agar PT CAB memberikan upah sesuai UMK dan BPJS sebagaimana diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Tuntutan lainnya, yakni mendesak agar pegawai di PT CAB diangkat menjadi karyawan tetap.

Tak lama kemudian, Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Kahutindo, Agus Salim mewakili buruh melakukan pertemuan dengan manajemen PT CAB. Setelah dilakukan proses mediasi, manajemen pun bersedia memenuhi tuntutan buruh.

Sejumlah tuntutan yang dipenuhi pihak perusahaan, di antaranya bersedia memperkerjakan kembali buruh yang di-PHK dan memberikan gaji sesuai dengan upah minimum kabupaten (UMK). (zr)