BMKG Prediksi Hujan Guyur Gresik Awal Desember

0
1,736 views

Peta BMKG

BeritaGresik.com – Cuaca panas dan terik diperkirakan masih akan terus melanda Kabupaten Gresik hingga satu bulan ke depan. Berdasarkan prediksi BMKG Juanda, hujan baru akan mengguyur kota santri ini sekitar awal Desember.

Saat ini, konsentrasi awan tengah menggumpal dan Jatim ada yang sudah hujan minggu kedua November ini. Awan disertai turunnya diprediksi baru akan menyapa Kabupaten Gresik pada awal Desember mendatang.

“Saat ini mendung sudah mulai berkonsentrasi di sejumlah daerah. Minggu pertama ini bisa jadi Banyuwangi sudah mulai disapa hujan,” kata staf pemantau cuaca BMKG Juanda, Taufik Hermawan, Minggu (1/11/2015).

Banyuwangi adalah daerah pertama yang diprediksi akan disapa sejuknya hujan. Namun belum diketahui apakah langsung dalam skala besar atau masih skala kecil. Daerah ini memang beberapa kali sudah ada yang diguyur hujan ringan sesaat.

Berdasarkan prediksi dan peta penyebaran awan, sejumlah daerah di Jatim sudah mulai siap-siap disapa musim hujan. Daerah yang akan mengikuti Banyuwangi disapa hujan adalah Pacitan, Trenggalek, Jember, dan Lumajang.

Kemudian daerah yang diprediksi mulai masuk musim penghujan minggu ketiga November antara lain Kabupaten Lamongan, Bojonegoro, Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo, Tulunggagugung, Malang, Blitar, Probilinggo, dan Bangkalan.

Sementara pada Desember awal akan mulai disapa hujan adalah Nganjuk, Jombang, Kediri, Mojokerto, Pasuruan, Gresik, Tuban, dan Sumenep. Lalu pada minggu kedua Desember, Surabaya dan sekitarnya baru disapa hujan. [zr]