KPU Tetapkan DPT Pilkada Gresik 921.440 Orang

0
815 views

BeritaGresik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik menetapkan sebanyak 921.440 daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada Gresik 2015. Jumlah itu tersebar di 2.193 tempat pemungutan suara (TPS) dari 356 desa atau kelurahan.

Ketua KPU Gresik Akhmad Roni mengatakan, angka itu diperoleh melalui proses rekapitulasi di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilu kecamatan (PPK) berdasarkan daftar pemilih sementara (DPS) yang mencapai 927.294 pemilih.

“Setelah direkap dari DPS ternyata ada yang sudah meninggal, namanya ganda, pindah domisili, hingga tidak dikenal. Paling banyak data pemilih ganda dan meninggal. Ada sampai 6.294 pemilih,” kata Roni kepada wartawan, Jumat (2/10).

Roni menjelaskan, hasil DPT merupakan proses panjang sejak KPU Gresik mendapat data agregat kependudukan dan data penduduk potensial pemilih pemilu dari Kemendagri melalui KPU RI beberapa waktu lalu.

Data tersebut kemudian disinkronkan lagi dengan DPT Pileg dan Pilpres 2014 hingga menjadi DPS. Lalu disaring lagi sampai keluar DPT. Data yang ada akan terus dilakukan pemutakhiran berdasarkan laporan dari masyarakat.

“Masyarakat bisa memastikan namanya ada atau tidak melalui website datakpu.go.id. Tinggal tuliskan nama kemudian ada menu pilihan kabupaten atau kecamatan atau desa mana,” pungkasnya. [mn]