Disidak Bupati, PNS Gresik Kelabakan

0
2,469 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat sidak ke Kantor SKPD Pemkab Gresik. (Foto: Sdm)
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat sidak ke Kantor SKPD Pemkab Gresik. (Foto: Sdm)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Jum’at (2/9/2016). Sidak ini dilakukan untuk mengetahui kinerja PNS Gresik.

Dalam sidak itu, Bupati didampingi oleh Kepala Inspektorat, Joko Sulistyohadi, Asisten II Ahmad Nuruddin, Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono serta pejabat dari BKD yang tergabung dalam tim Displin PNS Pemkab Gresik.

Salah satu SKPD yang disidak Bupati adalah kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gresik. Disini, rombongan Bupati diterima Sekretaris Dinas PU, Ida Lailatus Sa’diyah.

“Berapa orang yang ada di kantor ini, mana daftar absensinya?” tanya Sambari sambil meminta daftar absensi kepada Sekretaris Dinas. Ida pun langsung masuk ke ruangannya seraya mencari daftar absensi pegawai di meja kerjanya.

Lalu dia memberikan daftar absen pegawai kepada Bupati Sambari, sambil memeriksa satu persatu daftar pegawai yang telah membubuhkan tanda tangan pada daftar abesensi tersebut.

“Yang ini kemana orangnya?” tanya Sambari saat melihat nama yang tidak ada tanda tangannya. “Yang ini lagi di lapangan Pak, kemarin ditugaskan ke wilayah Kecamatan Kedamean,” jawab Ida.

“Tolong hubungi sekarang,” pinta Sambari. Seketika Ida menelepon pegawai dimaksud. Benar saja, pegawai tersebut ada di Desa Glindah, Kecamatan Kedamean.

“Tolong fotokan lokasi tempat kerja saudara, dan kirimkan saat ini,” pinta ida lagi. Tak sampai waktu lama, foto lokasi kerja pegawai yang bersabgjutan sudah dikirim ke HP milik Ida.

“Ini pak fotonya, petugas tersebut yang saat ini lagi tugas di lapangan,” ujar Ida sambil menunjukkan foto di HP miliknya kepada Bupati Sambari.

Tak cukup hanya disitu, Sambari juga bertanya pada satu pegawai yang lain yang tidak ada tanda tangannya. Ida menjelaskan jika pegawai yang dimaksud sedang memantau pekerjaan pemasangan pipa di Kecamatan Manyar.

Seperti sebelumnya, pegawai tersebut mengirimkan foto yang ada di lokasi kerjanya yaitu di Kecamatan Manyar. Mengetahui pegawai tersebut memang bertugas di lapangan, Bupati Sambari pun memaklumi keadaan tersebut.

“Saya ingin semua PNS yang ada di Pemkab Gresik ini bisa tertib. Meski ada tugas luar, tapi sebaiknya tetap mengisi absensi di kantor. Absen apel juga harus dilaksanakan di lapangan saat apel,” tegas Sambari.

Menanggapi upaya Bupati Gresik untuk mendisiplinkan dan menertibkan PNS, Kepala Inspektorat Joko Sulistio Hadi menyatakan siap mendukungnya.

“Kami akan menindaklanjuti setiap pelanggaran PNS sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53/2010 tentang Displin Pegawai Negeri Sipil. Sanksi telah jelas dalam PP tersebut,” pungkasnya. (sdm/as)