Jazilul Fawaid Tekankan Pentingnya Jaga Kebhinekaan

0
355 views

BeritaGresik.com – Kenyataan bahwa penduduk Indonesia beragam tidak serta-merta dipahami dan dimengerti oleh seluruh masyarakat nusantara ini. Masih ada kelompok yang dinilai kurang memahami makna kebhinekaan itu sendiri.

Hal itu dapat dilihat dari sejumlah kasus kekerasan antar ras maupun agama yang dapat menodai kebhinekaan. Salah satunya yakni kasus pembakaran tempat ibadah di Tolikara, Papua.

Karena itu, Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PKB, Jazilul Fawaid, menggelar sosialisasi empat pilar di Bawean 2-5 September 2015. Di depan ratusan warga nahdliyyin, Jazil menekankan bahwa Kebhinekaan harus dipahami dan dimengerti seluruh elemen masyarakat.

“Perbedaan dan Kebhinaan itu sudah hukum alam, maka kita sebagai warga negara yang baik harus menjaga, harus tetap rukun meskipun berbeda,” kata Jazilul, Rabu (2/9).

Menurut dia, kebhinekaan yang ada terlalu indah jika dikorbankan dengan emosi sesaat. Jangan sampai indahnya perbedaan dirusak dengan segelintir orang di kelompok tertentu.

Jazilul mengingatkan, bahwa siapapun yang berusaha dengan sengaja merusak kebhinekaan di republik ini, maka mereka akan menjadi musuh negara dan musuh NU.

“Selama ini NU dan negara sudah susah payah membangun negara dengan pertumpahan darah, maka mari kita hormati pengorbanan nenek moyang kita,” tuturnya.

Acara yang digelar di kantor PCNU Bawean tersebut dihadiri oleh ratusan pengurus dan warga NU, Muslimat serta Fatayat. Mereka berbondong-bondong hadir dari berbagai desa di Bawean.

Di sela kegiatan reses tersebut, Jazilul melakukan serap aspirasi dan berdiskusi langsung dengan penduduk setempat. “Dengan mengunjungi masyarakat secara langsung, saya bisa menangkap permasalahan masyarakat secara utuh,” pungkasnya. [zr]