Daftar Pemilih Sementara Pilkada Gresik 927.294 Orang

0
582 views

BeritaGresik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik menetapkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) dan tempat pemungutan suara (TPS) dalam rapat pleno dengan agenda rekapitulasi di Kantor KPU Gresik, Rabu (2/9).

“Dari rekapitulasi kami menetapkan DPS pemilihan bupati dan wakil bupati Gresik 2015 sebanyak 927.294 yang tersebar di 18 kecamatan,” kata Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni.

Roni mengatakan, setelah penetapan, DPS akan ditempel di tempat-tempat strategis seperti di balai desa, RT dan RW. Hal itu dilakukan agar mendapatkan masukan dari masyarakat.

“Masyarakat kami beri waktu 9 hari mulai dari 10 hingga 19 September 2015 terhadap DPS. Silakan dicek mungkin ada yang belum terdaftar, pindah alamat atau sudah meninggal,” paparnya.

Dia menambahkan, masyarakat yang ingin memberikan masukan diminta menghubungi panitia pemungutan suara (PPS). Nantinya PPS akan meneruskan ke PPK untuk disampaikan ke KPU.

“Kalau masih ada warga yang belum tercatat di DPS. Bisa melapor lagi ke PPS bukan lagi ke P2DP karena masa tugasnya berakhir. Nanti PPS segera menindaklanjuti,” tambahnya.

Selain menetapkan rekapitulasi DPS. KPU Gresik juga merekap sebanyak 2.193 tempat pemungutan suara (TPS) dari 356 desa yang tersebar di Kabupaten Gresik.

Pilkada Gresik yang akan digelar pada 9 Desember 2015 diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati. Ketiga paslon itu adalah nomor urut satu Sambari Halim Radianto-M.Qosim (SQ) yang diusung koalisi parpol PKB dan Demokrat.

Kemudian, nomor urut dua yakni Husnul Khuluq-Achmad Rubaie (Berkah) yang diusung PDIP, PAN, dan Gerindra. Ketiga, Ahmad Nurhamim-Junaedi (Arjuna) yang diusung Partai Golkar. [wan]