Dishub Jatim Mulai Bersiap Hadapi Arus Mudik

0
389 views

SURABAYA, BeritaGresik.com – Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur menyiapkan skenario berupa pengalihan trayek jika terjadi penumpukan penumpang saat masa arus mudik dan balik Lebaran 2015.

“Sudah ada skenario yang disiapkan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan maupun keterlambatan demi lancarnya arus mudik,” ujar Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jatim Wahid Wahyudi kepada wartawan di Surabaya, Kamis (2/7).

Menurut dia, jumlah penumpang yang diprediksi meningkat pada tahun ini. Karena itu, petugas di lapangan harus bekerja ekstra dan menyiapkan strategi dengan harapan membuat pemudik nyaman.

Berdasarkan data yang dimiki Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur, tercatat sebanyak 7.156.090 orang mudik pada Lebaran 2014. Sedangkan, tahun ini diperkirakan angka pemudik di Jatim akan naik 5,23% atau sebanyak 7.530.301 orang pemudik.

Untuk itu, salah satu skenario yang disiapkan antara lain mengubah trayek bus dari jalur utama menuju jalur lain yang membutuhkan kendaraan lebih banyak akibat menumpuknya penumpang.

Wahyudi mencontohkan, trayek Surabaya ke Madiun sudah habis, tapi penumpangnya masih membutuhkan, sementara di satu sisi jurusan Surabaya-Madura masih tersisa trayeknya dan penumpang sudah sepi.

“Nah, bus trayek Surabaya-Madura bisa dialihkan ke trayek Surabaya-Madiun karena memang penumpang sangat membutuhkan. Begitu juga trayek lain yang membutuhkan,” terangnya. [as]