Terjadi Lonjakan Penumpang Kapal ke Pulau Bawean

0
832 views
(Foto: Dok. BG)
(Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Ratusan calon penumpang kapal tujuan Gresik-Bawean tertahan di Gresik. Hal ini disebabkan tingginya lonjakan penumpang kapal menjelang puasa Ramadhan yang bersamaan dengan waktu libur sekolah.

Itu terlihat dari banyaknya antrian calon penumpang di Kantor Kapal Express Bahari atau PT Sakti Inti Makmur (SIM), Kamis (2/6/2016). Bahkan, hingga dua trip ke depan tiket kapal sudah ludes.

“Untuk hari Minggu dan Selasa sudah penuh, full booking,”┬ájelas Kacap PT SIM Reven Putra kepada BeritaGresik.com, Kamis (2/6/2016).

Selain karena jelang puasa Ramadhan, tingginya lonjakan volume penumpang juga dipicu libur sekolah. Di sisi lain, kapal Giliiyang yang juga melayani rute Gresik-Bawean belum beroperasi karena docking.

“Semuanya full kok, Natuna Express juga full, faktor eksternal mungkin karena Giliiyang masih docking,” terangnya.

Pernyataan yang sama disampaikan Abd Hamit, warga Bawean yang tinggal di Gresik. Menurut dia, lonjakan penumpang terjadi karena dipicu banyaknya santri yang ingin pulang mejelang Ramadhan.

“Terkadang santri kalau datang 70 orang, 90 orang, habis tiketnya diserbu,” papar Hamit.

Waspada Calo Tiket

Kondisi lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Gresik tanpaknya mulai dimanfaatkan sebagian orang untuk keuntungan pribadi. Para calo tiket diduga menjual tiket kapal dengan harga tinggi.

Hal itu dibenarkan Hamit. Menurut dia, sejumlah calo tiket mulai berkeliaran dan mengambil kesempatan dengan menaikkan harga tiket hingga mencapai Rp 350.000 dari harga normal Rp 146.500.

“Tadi saja ada yang menjual sampai harga Rp 350 ribu, saya tahu karena yang bersangkutan ngaduh sama saya,” tandasnya. (abr)