PKB Ingin Konfercab NU Gresik Segera Digelar

0
752 views
Wakil Ketua DPC PKB Gresik saat menghadiri Muskercab PKB Gresik, Rabu (2/3/2016). (Foto: BG/Wan)
Wakil Ketua DPC PKB Gresik M Qosim beserta jajaran pengurus saat menghadiri Muskercab PKB Gresik, Rabu (2/3/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.comĀ – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Gresik mengimbau kepada anggotanya di struktur PCNU Gresik agar menyikapi secara bijak dan hati-hati kisruh soal pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) NU Gresik.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Tanfidziyah PKB Gresik, M Qosim disela-sela acara Musyawarah Kerja Cabang II PKB Kabupaten Gresik yang dilaksanakan di salah satu rumah makan di Kebomas, Gresik, Rabu (2/3/2016.

Imbauan itu bukan tanpa alasan, sebab PKB merupakan anak kandung dari ormas keagamaan Nahdlatul Ulama (NU). Apalagi sebagian besar pengurus PCNU Gresik juga terdiri atas anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gresik.

Sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB, M Qosim tidak mau kader partainya mencampur adukkan masalah partai dengan permasalahan Konfercab. “Kita imbau agar dapat memilah antara kepentingan PKB dan NU,” tegas Qosim.

“Secara teknis, PKB tidak akan mencampuri dengan formal. Saran kita adalah satukan visi dengan arif dan bijaksana, itu kuncinya. Harapan kami Konfercab segera di laksanakan dan orang tua kami (NU) dapat mengayomi kami lagi,” kata Qosim.

Seperti diketahui, NU Gresik gagal menggelar Konfercap pada Minggu (28/2/2016) lalu, karena mendapat protes dari pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU di Gresik. MWC menilai konfercab cacat hukum dan menjadi konflik.

MWC beserta pengurus ranting menjelaskan, selain karena intruksi PBNU, penundaan ini hasil konsultasi PCNU Gresik dengan Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur. (wan)