Cuaca Membaik, Kapal Cepat Kembali Beroperasi

0
576 views
(Foto: Dok. BG/Wan)
(Foto: Dok. BG/Wan)

BeritaGresik.com – Setelah tiga hari terakhir ditutup akibat cuaca buruk, jalur penyeberangan antar pulau dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean mulai dibuka kembali. Akibatnya, jumlah penumpang pun membludak.

Sayangnya, pihak operator kapal kurang memperhatikan faktor keselamatan, dengan cara menumpuk barang-barang di dekat pintu. Tak hanya itu, pada bagian depan kapal, yang seharusnya steril dari barang pun dijejali dengan barang yang jumlahnya relatif banyak.

Pantauan di lapangan, sekitar 200 calon penumpang kapal Express Bahari tujuan Pulau Bawean, tadi pagi, Selasa (2/2/2016), baru bisa berlayar karena pihak Syahbandar Pelabuhan Gresik baru mengizinkan kapal berlayar.

Sebelumnya kapal penumpang dilarang berlayar demi keselamatan karena terjadi gelombang setinggi tiga meter. Hal tersebut juga dirasakan salah satu fotografer media online yang bertolak dari Pulau Bawean menumpangi KMP Giliyang.

Di terminal penumpang Pelabuhan Gresik tadi pagi, ratusan calon penumpang berjubel karena terbatasnya kapasitas kapal. Akibatnya, sebagian besar dari mereka tak bisa terangkut.

Kendati Kepala Syahbandar Pelabuhan Gresik, Dahlan telah menegur ABK kapal, supaya menata barang dengan baik, namun tak dihiraukan. Mereka tetap menumpuk barang di dekat pintu keluar bagian belakang kapal, serta di dek bagian depan kapal. Hal itu akan menyulitkan evakusi penumpang bila terjadi masalah di tengah laut. (wan)