Pemuda Jatim Serukan Pilkada Damai

0
421 views

forum_pemuda_jatimBeritaGresik.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Pemuda Jawa Timur menyerukan kepada masyarakat agar ikut menjaga pelaksanaan pilkada serentak di 19 kabupaten/kota di Jatim berjalan damai, jujur dan adil.

“Kami mengecam segala bentuk tindakan kekerasan dalam pilkada. Jangan nodai pilkada dengan perilaku bejat, jangan kotori pilkada dengan kerusuhan. Mari kita jaga kesucian pesta demokrasi ini,” kata korlap aksi Marlaf Sucipto di Surabaya, Minggu (1/11/2015).

Dalam aksinya, mereka membawa spanduk bertuliskan “wujudkan pemilu yang jujur, adil, dan bermanfaat”. Mereka juga meminta calon petahana agar tidak memobilisasi PNS atau mantan bawahannya untuk mendukung dirinya dalam Pilkada.

Sucipto menekankan agar masyarakat tak mudah terpancing oleh isu-isu provokatif yang justru akan menimbulkan kerusuhan sosial. “Jangan sampai masyarakat diadu-doamba hanya untuk kepentingan politik sesaat. Masyarakat harus cerdas,” kecamnya.

Dia juga meminta para calon dan wakil calon kepala daerah untuk tidak mengerahkan massa yang berujung anarkis atau melakukan tindakan melawan hukum. Dalam demokrasi dituntut menegakkan prinsip demokrasi dalam pilkada seperti kejujuran. [ant/zr]