Pembangunan Islamic Center Gresik Telan Biaya Rp64 Miliar

Bupati Gresik Sambari menandatangani prasasti dan melakukan pemasangan tiang pancang dimulainya pembangunan Islamic Center di Balongpanggang, Gresik, Senin (30/9/2019). (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto melakukan ground breaking atau pemasangan tiang pancang pertama pembangunan Islamic Center di wilayah Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Senin (30/9/2019).

Islamic Center yang dibangan di atas lahan seluas 3,2 hektar itu diperkirakan menelan biaya sebesar Rp64 miliar. Pada tahun ini dialokasikan anggaran Rp20 miliar. Kemudian pada tahun 2020 mendatang dianggarkan Rp44 miliar.

“Pembangunan Islamic center ini sesuai dengan yang ada di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gresik,” kata Bupati Gresik Sambari saat ditemui wartawan saat melakukan ground breaking.

Sedangkan bangunan fisik yang bakal di bangun diarea tersebut yaitu, masjid akbar seluas 1900 meter persegi, gedung serbaguna seluas 1900 meter persegi dan gedung kajian Islam seluas 1900 meter persegi.

Selain bangunan masjid, di area Islamic Center nantinya juga terdapat rest area. Menurut rencana yang disampaikan Bupati Gresik, kualitas rest area yang bakal dibangun paling tidak seperti yang dibangun di jalan tol, bahkan lebih baik.

“Total bangunan fisik yang dibangun seluas 5.700 meter persegi. Selebihnya akan digunakan untuk rest area dan sentra UKM. Kami berharap tempat ini ramai dan memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat sekitarnya,” tandas Sambari.

Menurut dia, pembangunan Islamic Center sudah direncanakan dengan matang, termasuk teknik konstruksinya yang dibangun PT Cipta Perkasa Prima.

“Kalau mungkin pengerjaannya bisa lebih cepat dari yang direncanakan. Kami minta kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik untuk memberikan prioritas pada pengawasannya setiap hari, agar sesuai schedule,” pungkasnya. (iis/sdm/as)

No Response