Antisipasi Data Ganda, Dispendukcapil Gresik Gelar Sosialisai di Bawean

0
474 views

BeritaGresik.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik melakukan pemutakhiran data kependudukan di Kecamatan Tambak Bawean, Selasa (30/6). Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya data penduduk ganda jelang pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada).

Kegitan sosialisasi kebijakan kependudukan dan pelayanan administrasi kependudukan jemput bola ini diikuti oleh warga yang terdapat di 13 desa di Kecamatan Tambak.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Gresik Hermanto T.H Sianturi menuturkan, kegiatan ini dilatarbelakangi banyaknya data penduduk yang masih ganda atau data anomali, sehingga diperlukan validasi terutama menjelang pelaksanaan Pemilukada 2015.

“Ketika perekaman e-ktp tahun 2011 sebenarnya banyak data yang ganda, ada sekitar 36 ribu. Sedang data yang tidak valid atau data anomali sekitar 60 ribuan. Nah, data itu harus diperbaiki sehingga nantinya pada pelaksanaan pemilukada tanggal 09 Desember mendatang tidak ada lagi data ganda dan data tidak valid atau anomali,” jelas Hermanto di Pendopo Kecamatan Tambak.

Disamping untuk kepentingan pemilukada mendatang lanjut Hermanto, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat dengan cara mencetak langsung ktp dan kk dengan memberdayakan petugas register desa dengan harapan kedepannya pelayanan kependudukan dapat dilakukan di desa masing-masing dengan memberdayakan petugas register desa masing-masing.

“Kedepan untuk pengurusan ktp dan kk sudah tidak lagi harus melalui kecamatan, tapi sudah dapat dilakukan di desa sehingga proses distribusinya pun nantinya akan disampaikan langsung ke desa masing-masing melalui petugas pos”. Imbuhnya.

Sebelumnya, kegiatan semacam ini sudah dilaksanakan di 16 kecamatan di Gresik daratan dan rencananya usai pelaksanaan di kecamatan Tambak akan merambah menuju kecamatan Sangkapura. (abr)