Warga Miskin di Gresik Ditargetkan Turun Menjadi 10%

0
232 views
Lokakarya
Lokakarya Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Gresik.

BeritaGresik.com – Angka kemiskinan di Kabupaten Gresik saat ini sekitar 13,43% atau sebanyak 171.000 dari 1.2 juta jumlah penduduk yang ada. Untuk itu, pemerintah menargetkan penurunan angka kemiskinan hingga menjadi 10%.

Target itu dikemukakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Tugas Husni Syarwanto. Dia menilai kemiskinan sebagai permasalahan yang mendesak dan butuh penanganan yang sistematik.

“Target kami dapat menurunkan angka kemiskinan menjadi 10%,” kata Husni dalam acara lokakarya Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Gresik di Kantor Pemkab Gresik, Rabu pagi (1/6/2016).

Untuk mencapai target di atas, Husni mengaku pihaknya sudah menyiapkan perogram Kartu Sehat dan Kartu Pintar bagi warga miskin di Gresik. “Untuk kartu sehat, semua konsep dan anggaran sudah siap, namun untuk Kartu Pintar, masih dalam proses,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, bahwa lokakarya ini ditujukan untuk meningkatkan dan menguatkan kinerja TKPK Kabupaten dalam mengkoordinasikan dan melaksanakan Program Penanggulangan Kemiskinan, sehingga lebih terarah.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim menilai angka kemiskinan di Kabupaten Gresik masih relatif rendah di bandingkan dengan daerah lain. Dia berhatap kemiskinan semakin menurun.

“Pada tahun 2006, angka kemiskinan di Gresik masih terbilang tinggi yakni 25,36%. Dari 1.200.000 masyarakat di Gresik, terdapat 300.000 warga miskin. Saat ini dapat ditekan menjadi 13,43%, yakni hanya 171.000 warga miskin,” kata Qosim.

Pemkab Gresik dikatakan akan terus betupaya menekan angka kemiskinan, sehingga kesejahteraan masyarakat Gresik dapat meningkat. “Namun semua itu membutuhkan kerjasama dari banyak pihak,” imbuhnya. (as)