Rayakan May Day, Buruh Gresik Gelar Istighosah dan Jalan Sehat

0
47 views

 

BeritaGresik.com – Halaman Gelora Joko Samudra (GJS) tampak dipadati para buruh dari Sekretariat Bersama Serikat Pekerja (Sekber SP/SB). Mereka merayakan Peringatan Hari Buruh se-Dunia atau “May Day” Kabupaten Gresik dengan cara menggelar Istighosah dan Jalan Sehat berhadiah, Senin (01/05/2017).

Para buruh yang berbaur bersama masyarakat serta para pelajar dengan seragam olahraga memenuhi GJS. Mereka tampak antusias mengikuti jalan sehat berhadiah.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Gresik, Ali Muchsin mengucapkan terimakasih pada Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto yang sudah memfasilitasi kegiatan tersebut.

“Kami senang Pak Sambari sudah memfasilitasi kegiatan Istighosah dan jalan sehat dalam rangka May Day 2017.” kata Ali Muchsin.

Aktivis buruh yang juga advokat ini mengaku ada 1000 orang buruh dari Sekber SP/SB Gresik yang turut kegiatan ini.

“Tuntutan May Day 2017 dari Sekber yakni cabut PP Nomor​ 78/2015 sudah disetujui Bupati Gresik, yang kemudian akan diteruskan ke Pemprov Jatim dan pemerintah pusat,” sambung Ali Muchsin didampingi Agus Salim dari perwakilan Sekber SP/SB Gresik.

Peraturan Pemerintah (PP) no. 78 tahun 2015 sendiri berisi tentang pengupahan, yang oleh buruh dianggap lebih memihak para pelaku usaha.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Gresik, Mulyanto mengatakan peringatan May Day seperti ini harus terus dilakukan.

“Semoga serikat buruh dan pengusaha bisa terus mengedepankan dialog, sehingga dapat menjaga hubungan Industrial yang harmonis antara keduanya,” harap Mulyanto. (wan)