Ribuan Buruh Gresik Demo ke Kantor Gubernur Jatim

0
371 views
Buruh Gresik. (Foto: M Nurul Huda)
Buruh Gresik. (Foto: M Nurul Huda)

BeritaGresik.com – Ribuan buruh yang ada di Kabupaten Gresik dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kahutindo dan SPBI Kasbi memperingati may day dengan cara berunjuk rasa.

Mereka secara bergelombang datang ke Kantor DPRD Jawa Timur (Jatim) dan Kantor Gubernur Jatim, Minggu (1/4/2016). Dalam unjuk rasa ksli ini, mereka menyampaikan sejumlah tuntutan, ternasuk soal kesejahteraan.

Peringatan Hari Buruh internasional ini juga dijadikan momentum bagi para buruh Gresik untuk menyampaikan tuntutan terkait pembebasan dua aktivis buruh yang ditahan. Keduanya adalah Abdul Hakam dan Agus Budiono.

Para buruh menilai penahanan kedua aktivis buruh tersebut sebagai bentuk kriminslisasi. Pasalnya, aktivis yang saat ini ditahan itu melakukan unjuk rasa untuk membela hak para buruh.

“Kita ini tidak hanya menuntut soal kesejahteraan buruh, tapi juga payung hukum untuk melindungi kaum pekerja harus dibentuk,” kata salah seorang pengunjuk rasa anggota SPBI Kasbi. (wan)