Pengembangan Bandara Bawean Tunggu Hasil Kajian

0
1,115 views
Bandara Harun Thohir di Pulau Bawean, Gresik. (Foto: BG/Wan)
Bandara Harun Thohir di Pulau Bawean, Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik masih menunggu hasil kajian terkait rencana penambahan panjang landasan pacu Bandara Harun Thohir, Bawean.  Runway bandara Bawean akan diperpanjang dari 930 meter menjadi 1.400 meter.

Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik, Suyono, mengatakan perpanjangan landasan pacu sebelumnya sudah masuk dalam rencana Pemkab Gresik saat awal bandara dibangun, yakni sebelum ada permintaan dari Kementerian Perhubungan.

“Salah satu kesiapan rencana itu, pemkab telah menyiapkan anggaran perpanjangan landasan ancang. Oleh karena itu, kita harapkan secepatnya dan tahun ini sudah bisa diperpanjang dan diperluas,” kata Suyono, Minggu (1/2/2016).

Untuk itu, pemkab juga dikatakan telah melakukan pendekatan dengan warga serta pemerintah desa di sekitar bandara, agar mau menjual tanahnya untuk kepentingan bersama, sehingga perpanjangan dan perluasan bisa cepat selesai.

“Bila landasan ancangnya (runway) lebih panjang, pesawat yang mendarat akan lebih besar, yakni bisa muat 50 orang, sehingga harga tiket pun lebih terjangkau lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta agar landasan pacu diperpanjang agar pesawat dengan kapasitas besar bisa mendarat. Itu disampaikan Jonan saat meresmikan Bandara Bawean, Sabtu (31/1/2016). [ant/wan]