Bukit Jamur Gresik, Fenomena Penuh Pesona

0
1,000 views

BeritaGresik.com – Saat ini bukit jamur menjadi salah satu ikon wisata di Gresik. Banyaknya pengunjung yang datang, terutama saat libur akhir pekan, menunjukkan jika saat ini bukit jamur menjadi fenomena penuh pesona.

Setiap hari Minggu tidak kurang dari sekitar 5.000 pengunjung yang datang ke Bukit Jamur secara bergelombang. Biasanya para pengunjung dari berbagai daerah mulai datang sejak pagi hingga menjelang matahari terbenam.

Bukit jamur bisa dikatakan sebagai fenomena yang penuh pesona. Bagaimana tidak, tempat favorit para muda-mudi berfoto itu terbentuk secara alami. Batu-batu berbentuk jamur terbentuk karena batuan terkikis angin dan hujan.

Pesona bukit jamur bahkan menarik perhatian Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar. Dia menilai wisata bukit jamur perlu dikembangkan dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Menurut Marwan, pemerintah desa dapat ikut mengelolanya menjadi potensi wisata desa. Namun, potensi wisata baru di pedesaan harus berbasis lingkungan agar alam sekitar tetap terjaga dan tidak berdampak buruk.

Pengunjung Bukit Jamur di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, datang dari berbagai daerah. Mereka terdiri atas anak-anak, remaja, dan orangtua. Semua ingin menikmati pesona batu-batu jamur.

Bukit Jamur terletak di lahan bekas galian batuan kapur di Bukit Kaliwot, Desa Bungah. Lokasi mulai digali sekitar tahun 1992. Bekas galian C itu ditutup pada 2008 dan sejak 2010 dibuka untuk masyarakat umum.

Semula, batu-batuan yang keras dibiarkan begitu saja karena tidak bisa diambil. Bagian yang dikeruk hanya lahan sekitarnya. Akibat terkena panas dan hujan, batuan itu pun terkikis membentuk tudung jamur.

Bentuk batu yang unik menjadikan bukit jamur ini tempat menarik, khususnya untuk foto-foto bergaya selfie. Masyarakat bisa menikmatinya secara gratis. Tempat itu menjadi terkenal melalui internet dan media sosial. [zr]