Lomba Dayung Meriahkan Festival Pulau Cina di Bawean Gresik

0
404 views
Lomba dayung dalam kegiatan Festival Pulau Cina di Pulau Bawean, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Berbagai perlombaan turut memeriahkan kegiatan Festival Pulau Cina di Dusun Dedawang, Telukjatidawang, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Salah satunya yakni lomba mendayung sampan.

Event ini digelar selama lima hari, sejak 27 Juni-1 Juli 2017 atau H+2 hingga H+6 Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah. Selain lomba dayung, panitia Festival Pulau Cina juga menampilkan lomba tarik tambang dayung dan lomba memancing ikan.

Panitia Festival Pulau Cina Bawean Fatsun menjelaskan, event ini digelar dalam rangka untuk mempromosikan Pulau Cina sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang ada di kawasan setempat. Ia berharap Pulau Cina semakin dikenal publik.

(Foto: BG/As)

“Pulau Cina menawarkan keindahan alam bawah laut bagi para pecinta snorkeling atau diving. Potensi ini yang coba kami tawarkan kepada para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara,” kata Fatsun, di Bawean Kamis (29/6/2017).

Menurut dia, banyaknya wisatawan yang datang ke Pulau Cina diharapkan dapat meningkatkan ekomomi warga di Desa Telukjatidawang, utamanya bagi masyarakat Dusung Dedawang yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Selain itu, Festival Pulau Cina juga digelar untuk menyuguhkan hiburan bagi masuarakat di Pulau Bawean pasca Lebaran Idul Fitri. Event ini dikatakan sudah digelar sejak tahun lalu. “Kami harap tahun depan bisa lebih meriah,” ujarnya.

Warga antusias menyaksikan perlombaan di Festival Pulau Cina. (Foto: BG/As)

Sementara terkait lomba yang ditampilkan, pihaknya mengaku sengaja memilih perlombaan yang berhubungan langsung dengan aktivitas para nelayan, seperti kegiatan memancing, lomba dayung maupun lomba tarik tambang dayung.

“Mayoritas masyarakat di sekitar Pulau Cina ini berprofesi sebagai nelayan. Karena itu, kami memilih menampilkan perlombaan yang memang erat kaitannya dengan aktivitas sehari-hari para nelayan di desa ini,” ucapnya.

Kegiatan ini disambut antusias oleh warga sekitar. Event ini didukung oleh portal online BeritaGresik.com, Jatim Mengajar, Alumni Minu 29 Dedawang, Kelompok Nelayan Joko Samudro dan Pemerintah Desa Telukjatidawang. (as)