Menilik Desa Penghasil Bonsai di Gresik

0
868 views
Tanaman bonsai
Tanaman bonsai

BeritaGresik.com – Kabupaten Gresik memang identik dengan daerah industri. Namun, siapa yang sangka jika di tengah gencarnya pembangunan kawasan industri di Gresik terdapat kampung penghasil tanaman hias jenis bonsai.

Sentra penghasil tanaman bonsai terbesar di Kota Pudak tersebut terletak di Desa Petung, Kecamatan Panceng. Di desa itu, hampir sebagian besar warganya berprofesi sebagai pekerja di sektor budidaya tanaman bonsai.

Terdapat beragam jenis tanaman yang didesain menjadi bonsai, seperti tanaman asam, cemara, beringin, pinus dan tanaman lainnya. Namun, tak semua jenis tanaman dapat dibonsai. Umumnya tanaman yang memiliki umur panjang.

Warga Petung mulai menekuni budidaya tanaman bonsai sejak lama. Berdasarkan penuturan Kepala Desa, Muhammad Masud, budidaya bonsai sudah ditekuni warganya sejak tahun 1995. Budidaya bonsai itu dikatakan terus berkembang.

“Dalam dua tahun terakhir, banyak penggemar tanaman bonsai dari luar daerah yang datang membeli di sini, sehingga perekonomian warga pun meningkat,” kata Muhammad Masud.

Soal harga, warga menjualnya sesuai kualitas dan jenis tanaman bonsai. Untuk tanaman bonsai yang masih bibit biasanya dijual dengan harga Rp 200 hingga Rp 1 juta. Jika sudah remaja bonsai dijual Rp 1 juta hingga Rp 6 juta.

Umumnya, warga memperoleh tanaman untuk dibonsai dari hutan dan kawasan perbukitan yang ada di sekitar desa setempat. Guna menambah kreatifitas dan kemampuan warga, tak jarang digelar pelatihan untuk desain bonsai.

Selain itu, kadang juga diselenggarakan kontes bonsai. Terakhir, kontes bonsai di Desa Petung digelar pada 23 Agustus 2016 di halaman kantor balai desa setempat. Kegiatan ini disambut antusias oleh warga. (zr)