Indahnya ‘Batu Panorama’ di Pulau Cina Bawean

0
2,388 views

Batu Panorama pulau cina bawean

BeritaGresik.com – Salah satu tempat yang wajib di datangi jika ke Pulau Bawean adalah Pulau Cina yang terletak di Desa Telukjatidawang. Di pulau kecil ini terdapat gugusan batu karang yang sangat indah, yang disebut ‘Batu Panorama’ atau lebih dikenal dengan ‘Batu Labengan’.

Pulau Cina memang tak sepopuler Pulau Noko Selayar atau Dana Kastoba yang sudah cukup akrab di kalangan wisatawan. Namun, keindahan pulau ini tak kalah dengan destinasi wisata alam lainnya yang terdapat di Pulau Bawean.

“Belakangan mulai banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Cina, terutama pada hari libur sekolah. Biasanya mereka berfoto di Batu Panorama atau Batu Labengan kata orang sini,” jelas Jaka, salah satu warga setempat kepada BeritaGresik.com.

Batu Panorama pulau cina bawean 1

Batu Panorama adalah dua batu karang kembar yang membentuk menara benar-benar menyajikan pemandangan yang luar biasa. Panorama semakin lengkap dengan air laut yang bening dan terumbu karang yang terlihat jelas dari atas perahu.

Untuk mencapai Pulau Cina, pengunjung bisa menyewa perahu milik warga dengan jarak tempuh sekitar 15 menit. “Selain berfoto di Batu Panorama, di sini juga dijadikan lokasi untuk snorkeling dan berburu sunsite,” tutur Jaka.

Saat ini Pulau Cina termasuk kawasan konservasi. Bahkan baru-baru ini dilakukan penaman karang laut, karena sudah mulai banyak karang rusak akibat tindakan beberapa nelayan yang menggunakan potas atau bahan kimia berbahaya. [as]