Bulangan, Wisata Kolam Renang Yang Lagi Hits di Pulau Bawean

1
101 views
Wisata kolam renang di Desa Grejek, Kecamatan Tambak Bawean, Kabupaten Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Berkunjung ke Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, rasaanya belum lengkap bila tidak menikmati indahnya panorama alam dan berbagai obyek wisata lainnya yang terdapat di pulau yang biasa disebut Pulau Putri ini.

Selain wisata alam, obyek wisata baru yang mulai digandrungi warga setempat adalah Wisata Bulangan Grejek (WBG), wisata kolam renang yang dibangun di atas lahan seluas 1.320 meter persegi di desa Grejeg, Tambak, Kabupaten Gresik.

Kepala Desa Grejek Syamsi mengatakan, wisata kolam renang ini dibangun dengan menggunakan dana desa sebesar Rp 160 juta. Beroperasinya wisata kolam renang tersebut diharapkan dapat menunjang Pendapatan Asli Desa (PADes) setempat.

Syamsi menjelaskan, ide pembuatan kolam renang ini atas inisiatif warga setempat ketika melihat potensi sumber mata air pegunungan yang melimpah. “Melihat potensi air banyak warga mengusulkan dalam musyawarah desa,” terang Syamsi.

Kolam renang Bulangan ini dibagi menjadi dua pemandian, yakni kolam renang untuk orang dewasa drngan kedalaman mencapai 1,5 hingga 1,8 meter. Sementara untuk kolam renang anak-anak dibuat dengan kedalaman 50 cm hingga 1 meter.

Sejak dibuka, kolam renang Bulangan nyaris tidak pernah sepi dari pengunjung. Selain memiliki panorama alam indah, pengunjung hanya butuh merogoh kocek Rp 5.000 bagi dewasa dan anak-anak Rp 3.000 untuk bisa berenang sepuasnya.

Selain itu, kolam renang ini langsung dialiri air pegunungan yang segar dan sejuk. “Tarifnya hanya Rp 3.000 untuk anak-anak, kalau yang dewasa 5.000,” pungkasnya. (abr)