Wisata Air Panas Kepuhlegundi, Hangat dan Menyembuhkan

0
1,109 views
Pemandian air panas Kepuhlegundi, Bawean, Gresik.
Wabup Gresik Moch. Qosim saat meresmikan wisata air panas Kepuhlegundi, Bawean, Gresik.

BeritaGresik.com – Bicara seputar wisata alam di Pulau Bawean seperti tak ada habisnya. Ya, pulau yang terletak di wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, ini memang dianugerahi segudang lokasi atau destinasi wisata alam yang indah.

Selain wisata pantai, danau dan wisata bawah laut, Pulau Putri-sebutan lain Pulau Bawean-juga memiliki sejumlah lokasi pemandian air panas. Salah satunya sumber air panas yang ada di Desa Kepuhlegundi, Kecamatan Tambak.

Kamis (26/5/2016), pemandian air panas tersebut diresmikan Wakil Bupati Gresik Moch. Qosim. Peresmian ditandai dengan penandatanganan batu prasasti sebagai pertanda pemandian sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Pemandian sumber air panas ini cocok untuk relaksasi atau meregangkan otot-otot yang kaku selepas bekerja. Bagi para pengunjung yang tidak tahan panas, pemandian ini dibagi tiga kolam dengan tingkat kehangatan atau suhu berbeda.

Keistimewaan lainnya, sumber air panas ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal, iritasi dan penyakit kulit lainnya. Tak hanya itu, pemandian air panas ini juga menyajikan suasana alam yang tenang.

Dikutip dari berbagai literatur, sumber airĀ panas di Pulau Bawean kebanyakan terdapat di kawasan bebatuan kapur. Karena itulah, air panas yang terdapat di Pulau Putri itu mengandung belerang dan sulfur yang cukup tinggi.

Air panas di Pulau Bawean juga disebut mengandung gas fumarol. Gas tersebut memiliki khasiat dapat melemaskan otot-otot. Itulah kenapa setelah berendam di air panas biasanya rasa capek hilang.

Sedangkan kandungan belerang dan sulfur juga mengandung banyak khasiat yakni menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan jamur, serta dapat mengurangi kadar gula darah.

selain itu, air panas tersebut juga dapat menyehatkan jantung, menghilangkan toksin dan racun yang ada dalam tubuh, menyembuhkan flu, sakit kepala dan masih banyak khasiat yang lainnya. (as)