Libur Panjang, Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Bawean

0
1,741 views
Para wisatawan dari berbagai daerah tengah bersiap mengeksplorasi spot-spot wisata di Pulau Bawean. Mereka menggunakan agen wisata Keliling Bawean. (Foto: Ghiast)
Para wisatawan dari berbagai daerah tengah bersiap mengeksplorasi spot-spot wisata di Pulau Bawean. Mereka menggunakan agen perjalanan wisata Keliling Bawean. (Foto: Ghiast)

BeritaGresik.com – Bawean sebagai salah satu pulau tujuan wisata di Gresik, Jawa Timur, mulai banyak diminati pengunjung dari luar daerah. Itu terlihat dari data Keliling Bawean, salah satu agen wisata yang ada di Pulau Putri ini.

Ghiast, pemandu wisata Keliling Bawean mengaku pihaknya banyak kedatangan tamu dari berbagai daerah memasuki momen libur panjang Natal dan tahun baru. Mereka berasal dari Bali, Jombang, Gresik, Lamongan dan daerah lainnya.

Para wisatawan yang datang ke Pulau Bawean sebagian menggunakan jasa travel miliknya untuk menikmati paket wisata Bawean. “Saya coba membuka open trip, ternyata banyak yang minat dari berbagai daerah ada yang dari Bali, Jombang, Gresik dan Lamongan,” kata Ghiast.

Para wisatawan sedang menikmati keindahan Danau Kastoba. (Foto: Ghiast)
Para wisatawan sedang menikmati keindahan Danau Kastoba. (Foto: Ghiast)

Dia menambahkan, terdapat beberapa desrinasi wisata di Pulau Bawean yang banyak diminati para wisatawan, seperti Pulau Noko, Danau Kastoba, Tajung Gaang dan spot wisata alam bawah laut atau snorkling.

Nilus, salah satu wisatawan asal Gresik mengaku senang memilih kunjungan wisata ke Pulau Bawean yang dinilai masih alami. Sebagai warga Gresik, dirinya merasa bangga memiliki Pulau Bawean sebagai alternatif tujuan wisata selain Karimun Jawa.

“Kalau pendapat saya sih, lebih suka yang masih asli dan tidak banyak sentuhan seperti ini. Wisata ke Bawean bisa menjadi alternatif selain Karimun Jawa,” katanya kepada beritagresik.com, Sabtu (26/12/2015).

Snorkling, salah satu aktivitas yang cukup diminati wisatwan untuk nikmati keindahan alam bawah laut Pulau Bawean. (Foto: Ghiast)
Snorkling, salah satu aktivitas yang cukup diminati wisatwan untuk nikmati keindahan alam bawah laut Pulau Bawean. (Foto: Ghiast)

Lebih lanjut, wanita yang berprofesi sebagai arsitek ini menuturkan, untuk menjaga keasrian alam Bawean perlu dibangun kesadaran bersama agar tidak rusak. Dia mencontohkan kesadaran yang dimiliki warga Karimun Jawa dalam melestarikan alamnya.

“Kalau di Karimun Jawa kesadaran warganya sudah sangat tinggi, misalnya untuk snorkling wisatawan diarahkan agar jangan sampai menginjak karang, bahkan mereka pasang jangkar dengan sangat hati-hati. Saya harap di Bawean juga seperti itu,” pungkas Nilus. (abr)