Serunya Lomba Perahu Hias di Pangkah Wetan Gresik

0
19 views
Lomba perahu hias di Desa Pangkah Wetan, Ujungpangkah, Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Pemerintahan Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, menggelar lomba perahu hias antar nelayan. Lomba ini diadakan untuk memacu semangat para nelayan di desa setempat dalam bekerja.

Lomba tersebut diikuti oleh puluhan nelayan. Mereka menghias perahunya dengan bermacam-macam hiasan seperti patung Presiden Soekarno, kapal pesiar, kapal Dewaruci, rajungan, pesawat tempur, ular naga, bandeng dan hiasan lainnya.

Kegiatan yang diselenggarakan sekaligus memperingati HUT RI ke-72 tersebut mendapatkan animo besar dari masyarakat. Ribuan warga Desa Pangkah Wetan tersebut tumplek blek di bibir sungai Bengawan Solo, Jumat (25/8/2017).

Mereka terlihat sangat gembira. Sesekali terdengar sorak sorai dan tepuk tangan ketika para peserta lomba melakukan manuver dan menunjukkan keindahan perahu yang mereka hias.

“Senang Pak. Ini hiburan. Tidak mesti setahun sekali,” kata Indah, salah satu warga Pangkah Wetan.

Kepala Desa Pangkah Wetan Sandi mengatakan, lomba perahu hias untuk menghidupkan tradisi. Sebab, sudah 21 tahun kegiatan seperti ini tidak dilakukan. “Ini ibaratnya uri-uri tradisi agar tidak punah,” jelasnya di sela acara lomba perahu hias.

Sandi, begitu panggilan akrab Saifullah Mahdi menyatakan, selain hiburan, kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk memberikan semangat para nelayan dalam beraktivitas sebagai nelayan.

Dia berharap kegiatan tersebut bisa diadakan setiap tahun, terlebih dalam meramaikan HUT RI. Sehingga, kegiatan tersebut tidak punah. “Kami berharap kegiatan ini juga bisa menjadikan ajang wisata tahunan,” pungkasnya. (wan)