Indonesia Makin Diminati Wisatawan Muslim

0
718 views
Pantai Senggigi Lombok
Pantai Senggigi Lombok

BeritaGresik.com – Posisi Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata untuk negara-negara muslim kini semakin meningkat. Hal itu terlihat dari sebuah hasil survei yang dilakukan oleh Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016.

Dalam sebuah survei yang dilakukan baru-baru ini terhadap wisatawan dunia, GMTI mencoba melacak posisi popularitas berbagai negara di pasar wisata muslim. Hasilnya, Indonesia naik dari posisi enam menjadi keempat.

Survei yang melibatkan 130 destinasi wisata ini dinilai dari sejumlah kriteria, seperti kesesuaian destinasi liburan keluarga, tingkat pelayanan dan fasilitas, pilihan akomodasi, pemasaran, serta dilihat dari kedatangan pengunjung.

Tahun ini juga menyertakan kriteria baru yakni ketersediaan akses layanan penerbangan dan persyaratan visa. GMTI membagi dua kategori negara dalam survei ini, yaitu negara muslim dalam OKI, kemudian negara non-OKI.

Hasil survei GMTI, negara muslim paling populer sebagai destinasi wisata masih dipegang oleh Malaysia dengan nilai sebesar 81,9. Menyusul Uni Emirat Arab di posisi kedua, Turki, baru kemudian Indonesia dengan capaian 70,6 persen.

Setelah Indonesia, negara-negara Timur Tengah banyak menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan. Negara-negars tersebut diantaranya Qatar, Arab Saudi, Oman, Morocco, Jordan, dan Bahrain.

Sedangkan negara non-OKI yang jadi favorit wisatawan muslim paling tinggi adalah Singapura dengan nilai 68,4 persen, Thailand, Inggris, Afrika Selatan, lalu Hong Kong. Kawasan Asia lainnya seperti Taiwan, Jepang, dan Sri Lanka.

“Salah satu tren terbesar yang kami lihat adalah destinasi wisata non-OKI tengah berupaya untuk menarik wisatawan muslim,” kata Fazal Bahardeen, CEO CrescentRating & HalalTrip sekaligus pelaksana survei GMTI.

GMTI mencatat pada 2015 jumlah total kedatangan wisatawan muslim mencapai 117 juta. Angka ini adalah 10 persen dari keseluruhan nilai ekonomi industri pariwisata. Itu diperkirakan terus tumbuh menjadi 168 juta pada 2020.

Kawasan Asia dan Eropa disebut sebagai kawasan yang paling banyak menarik wisatawan muslim, yaitu sebesar 87 persen dari keseluruhan pangsa pasar perjalanan wisatawan muslim di dunia. (as)