Yuk, Nikmati Liburan Akhir Pekan di Pulau Bawean!

0
982 views

BAWEAN, BeriraGresik.com – Pulau Bawean memang belum sepopuler kepulaun lain seperti Bali, Lombok, maupun Raja Ampat di Papua. Bahkan mendengar namanya saja membuat dahi berkerut sembari membayangkan di mana letak pulau itu.

Konon, Pulau Bawean yang terletak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, ini memiliki sekitar 99 gunung.

Pulau Bawean adalah gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, sekitar 80 Mil atau 120 kilometer sebelah utara Gresik. Perjalanan ditempuh kurang lebih 3 jam menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Gresik.

Setidaknya, terdapat 10 tempat wisata indah yang menarik untuk dikunjungi di pulau ini. Beberapa lokasi wisata nan eksotis itu di antaranya pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, Pantai Ria, Pasir Putih, Mayangkara, Pulau Gili, Pulau Noko, Selayar, dan Talomon.

Pulau Noko memiliki keindahan laut yang kerap dikunjungi wisatawan. Pulau kecil ini tak berpenghuni, lokasinya bersebelahan dengan Pulau Gili, sekitar 2,3 km dari timur Pulau Bawean.

Untuk bisa menginjakkan kaki di pulau kecil ini, hanya kapal sebagai moda transportasi. Dibutuhkan 30 menit menggunakan perahu sewaan dari Pulau Bawean menuju Pulau Noko.

Pulau terpencil ini menawarkan pantai dengan hamparan pasir putih seluas kurang lebih 1 kilometer. Bagi Anda pecinta olahraga air dan ingin menikmati keindahan bawah laut, Pulau Noko merupakan tujuan yang tepat. Air lautnya yang jernih, cocok untuk Anda yang hobi menyelam.

Warga Pulau Bawean, mengatakan pada 2008 lalu, Pulau Noko pernah didatangi turis dari Belanda. “Dulu memang ada turis dari Belanda untuk penelitian soal wisata. Keindahan Pantainya masih natural, belum terjamah juga. Indahnya panorama ini bisa menjadikan Pulau Bawean pulau wisata,” kata A. Muzayyin (32).

Muzayyin menceritakan, turis itu mengakui keindahan pantai pasir putih di Pulau Bawean dan sekitarnya. Menurutnya, pantai di Pulau Bawean ini setara dengan pantai-pantai di Thailand. Sayangnya, pulau ini tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

“Makanya turis Belanda datang ke Bawean. Andai saja Bawean dikelola dengan baik, keindahan di Bawean tidak akan kalah indahnya dengan Kuta, Bali,” tutur Muzayyin menirukan ucapan turis itu.

Pemandangan sekitar pantai pasir putih ini memang memiliki panorama laut indah dan bersih. Bahkan, salah satu iklan di televisi dengan tagline ‘My Life My Adventure’ memilih lokasi syuting di pulau ini. [ZR]