Kembangkan Pariwisata di Gresik, Sambari Tiru Banyuwangi

Bupati Gresik Sambari bersama Wabup Qosim dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Selain dikenal dengan daerah industri, Kabupaten Gresik juga memiliki segudang potensi wisata. Baik itu wisata religi hingga wisata pantai. Jika dikelola serius, potensi itu dapat menjadi menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Khusus wisata pantai, saat ini yang banyak menarik perhatian wisatawan adalah pantai Delegan di kecamatan Panceng, Gresik. Selain itu, destinasi wisata pantai yang sangat menyita perhatian wisatawan terdapat di Kepulauan Bawean, Gresik.

Untuk itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi. Kunjungan ke Banyuwangi dilakukan untuk menimba ilmu dan menggali potensi objek wisata.

“Sengaja kami bersama kepala OPD terkait kemari untuk menimba ilmu tentang banyak hal, terkait dengan pengembangan dan pengelolaan objek wisata di sini (Banyuwangi),” kata Sambari, Sabtu (21/4).

Sambari mengatakan, pihaknya sengaja memilih Banyuwangi sebagai daerah kunjungan kerjanya terkait pengembangan potensi wisata, dengan alasan manajemen pengelolaan pariwisata di sana sangat tertata. Sehingga mampu menarik minat wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Dia mengaku saat ini Kabupaten yang dipimpinnya terus mengembangkan potensi wisata. Hal itu dilakukan guna meningkatkan PAD Kabupaten Gresik.

“Dengan semakin meningkatnya PAD di sektor pariwisata, maka pembangunan insfrastruktur di daerah kami khususnya di berbagai obyek wisata dapat kami lakukan. Disisi lain, dengan banyaknya kunjungan wistawan di Gresik, maka akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Wabup Gresik Qosim mengungkapkan, bahwa hasil dari kunjungannya nanti akan dikaji serta diterapkan di Kabupaten Gresik.

Dengan banyaknya potensi wisata di Kabupaten Gresik seperti Pulau Bawean, pihaknya ingin meniru pengelolaan potensi wisata yang dilakukan Banyuwangi untuk menarik minat para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun wisatawan luar negeri.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Azwar Anas membeberkan beberapa upaya yang dilakukannya bersama jajaran Pemkab Banyuwangi dalam mengembangkan sektor pariwisata, sehingga menarik minat wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

“Kami menekankan pentingnya konsistensi dalam mengerjakan tugas. Kuncinya, antara pimpinan dan bawahan harus solid untuk bersama-sama mengembangkan potensi wisata di daerah setempat,” terang Anas.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi gencar melakukan promosi dan publikasi, baik melalui kerjasama dengan pihak terkait maupun memanfaatkan teknologi informasi yang saat in tren di masyarakat.

Menurut Anas, Kabupaten Banyuwangi selalu menjadi trending topic nasional di media sosial, lantaran pihaknya selalu update menyampaikan informasi yang ada kepada masysrakat melalui medsos.

Ia juga mengatakan, bahwa Pemkab Banyuwangi memberi kesempatan seluas-luasnya bagi budaya lokal asli daerah untuk unjuk kebolehan di setiap kegiatan.

“Karena dengan memberi kesempatan bagi budaya lokal, secara tidak langsung bermanfaat untuk memperkenalkan budaya Banyuwangi ke wisatawan lokal maupun asing. Kalau mereka tertarik, sudah pasti mereka akan berkunjung,” ucap Anas. (as)

No Response