Kemenpar Sosialisasikan Gerakan Sadar Wisata di Gresik

0
595 views
Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Gresik, Jumat (22/4/2016). (Foto: BG)
Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Gresik, Jumat (22/4/2016).

BeritaGresik.com – Masyarakat sebagai pelaku sekaligus penikmat wisata dinilai punya peran penting dalam memajukan sektor wisata di Tanah Air. Peran itu salah satunya dapat diwujudkan dengan menjaga kebersihan di tempat wisata.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) gencar menyosialisasikan Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di berbagai daerah, termasuk di Gresik. Kegiatan itu digelar di kawasan makam Sunan Giri, Gresik, Jumat (22/4/2016).

Hadir dalam kesempatan itu Staf Khusus dari Kemenpar RI, Harri Waloyo, jajaran Dinas terkait, beserta ratusan undangan. Acara bertajuk “Gerakan Sadar Wisatan dan Aksi Sapta Pesona” ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Gresik Siswadi.

Gerakan Sadar Wisata
Gerakan Sadar Wisata

Di hadapan ratusan undangan, Siswadi mengapresiasi Kemenpar RI yang telah menjadikan Gresik sebagai tempat atau ajang sosialisasi pentingnya kesadaran masarakat untuk menjaga kebersihan, kenyamanan dan keamanan berwisata.

Di tempat yang sama, Staf Khusus dari Kemenpar RI Harri Waloyo meminta pihak pengelola objek wisata maupun pengunjung makam Malik Ibrahim agar menjaga kebersihan. Lokasi wisata yang bersih membuat pengunjung nyaman.

Selain itu, objek wisata yang bersih akan terhindar virus penyakit. “Sebab, tempat wisata yang tidak bersih akan menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit, sehingga tepat wisata itu nantinya akan dijahui oleh pengunjung,” terang Harri.

Dia mengungkapkan, pengunjung objek wisata religi di Gresik sangat tinggi. Mereka datang dari sejumlah daerah. Bahkan, ada juga yang datang dari luar negeri. Hal itu ia ketahui usai keliling ke beberapa objek wisata religi di Gresik.

Selain melakukan sosialisasi tentang sadar wisata guna menunjang pesona wisata Indonesia, dalam kesempatan itu Kemenpar RI juga memberikan bantuan berupa ratusan sapu lidi, tempat sampah beserta peralatan pendukung lainnya.

Bantuan itu diberikan agar pengunjung membuang sampah ke tempat yang disediakan. Harry bersama rombongan dan ratusan warga melakukan aksi nyata dengan cara menyapu lantai anak tangga pintu masuk makam Sunan Giri.

Aksi nyata dari Kemenpat RI disambut baik oleh Rini, penggiat wisata asal Gresik. “Saya harap aksi bersih-bersih itu dapat membuaka kesadaran para pengelola tempat wisata dan pengunjung wisata,” kata Rini berharap. (amn)