Gresik Movie Kenalkan Pulau Bawean Lewat Film

0
1,364 views
Senja di Pulau Bawean (Foto: Ghiast)
Senja di Pulau Bawean (Foto: Ghiast)

BeritaGresik.com – Komunitas Gresik Movie punya cara tersendiri dalam mengenalkan Pulau Bawean. Lewat film, komunitas ini mencoba mempromosikan budaya dan kekayaan alam Bawean.

Film “Tenda Boyan, Bawean Rumah Kedua” adalah salah satu karya anak muda Gresik yang diputar di gedung olah raga, Desa Segoromadu, Kecamatan Kebomas akhir pekan lalu. Film indi ini bercerita tentang kekayaan alam Pulau Bawean.

“Diperlukan perjuangan dan menempuh medan yang sangat berat untuk membuat film ini, sebab di Pulau Bawean tidak hanya satu pulau, tapi ada beberapa pulau yang harus dikunjungi,” kata Danang Ari, Ketua Komunitas Gresik Movie.

Dia menilai budaya masyarakat Bawean sangat ramah. Hal itu dirasakan pihaknya saat proses shooting film indi di Pulau Bawean. Tidak sedikit di antara masyarakat Bawean yang mengajaknya untuk berbincang tentang Bawean.

“Dari pengalaman kita syuting di Pulau Bawean, kami sering bertemu dengan warga Bawean yang ramah. Kami juga sering diajak ngobrol tentang Bawean dan sering disuguhi makanan kecil saat singgah di rumah warga,” terangnya.

Tak hanya itu, Komunitas Gresik Movie mengaku takjub akan keindahan pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Putri itu. Mereka bahkan memandang Pulau Bawean lebih indah dari Pulau Dewata Bali. Hanya saja belum dikelola dengan baik.

“Banyak keindahanya di Pulau Bawean yang belum dikelola secara maksimal. Apabila bisa dikelola secara baik, maka keindahan Pulau Bawean ini bisa lebih bagus dari Pulau Bali,” pungkasnya. (wan)