Malam Selawe, Bupati Gresik Ziarahi Makam Sunan Giri

0
260 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto beserta pejabat Pemkab lainnya melakukan ziarah ke makam Sunan Giri pada malam selawe (25) bulan Ramadhan. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Tradisi Malem Selawe (25) atau malam ke-25 dibulan Ramadhan merupakan salah satu kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Gresik. Tradisi ini sudah betlangsung turun temurun sejak masa dakwah Sunan Giri ratusan tahun silam.

Tradisi malam selawe itu kini dijadikan sebagai ajang meningkatkan ketaqwaan melalui ziarah ke makam Sunan Giri yang terletak di desa Giri kecamatan Kebomas Gresik.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim. Kedua pimpinan Gresik tersebut berziarah ke makam waliyullah Sunan Giri atau Raden Paku tadi malam, Senin (19/6/2017).

Nampak pula jajaran Forkopimda dan Muspida dilingkungan Pemkab Gresik juga hadir disana. Mereka dengan khusyu’ membacakan tahlil yang dipimpin kiai setempat. Masyarakat dari dalam maupun luar Gresik juga turut tumplek blek disana hingga area makam Sunan Giri penuh sesak.

Usai melakukan ziarah, Bupati Sambari dan Wakilnya Moh. Qosim berkesempatan mengunjungi deretan stand yang berjejer di halaman parkir Sunan Giri sebagai puncak perayaan ‘Giri Expo 2017’ yang diadakan selama tiga hari.

Dalam kesempatan itu, Sambari selaku kepala daerah mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Gresik yang selalu berupaya mempertahankan budaya kearifan lokal yang sampai saat ini tetap bertahan dan selalu ramai setiap tahunnya.

“Terima kasih masyarakat Gresik, karena telah mempertahankan tradisi malem slawe yang turun temurun hingga saat ini. Dan tradisi ini merupakan kearifan lokal yang harus dipertahankan dan dilestarikan, mengingat Gresik adalah kota wali dan kota santri,” pungkasnya. (as)