Besok, Gerakan Sadar Wisata Digelar di Sunan Giri Gresik

0
820 views
Situs Giri Kedaton. (Foto: id.gresikku.com)
Situs Giri Kedaton. (Foto: id.gresikku.com)

BeritaGresik.com –┬áDalam rangka menggiatkan gerakan sadar wisata dan Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata akan melaksanakan kegiatan bertajuk “Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di kawasan wisata religi Sunan Giri, Kabupaten Gresik, Jumat (22/4/2016).

Kegiatan ini digelar untuk menjadikan masyarakat sadar wisata dan menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan. Salah satunya dengan mendorong peran dan partisipasi masyarakat dalam menciptakan iklim yang kondusif.

Demikian dikatakan dalam rilis berita yang diterima redaksi BeritaGresik.com, Kamis (21/4/2016). Dikatakan, bahwa partisipasi masyarakat penting dalam mendorong berkembangnya kegiatan kepariwisataan di wilayah Gresik.

Untuk itu, keterlibatan masyarakat juga dinilai penting agar sektor wisata di suatu daerah terus tumbuh. Salah satunya dengan mengaktualisasikan nilai-nilai Sapta Pesona, agar menjadi prilaku dalam sehari-hari.

Kegiatan ini meliputi aksi Sapta Pesona melalui aksi bersih. Lalu, kampanye sadar wisata melalui pertunjukan kesenian tradisional. Terakhir, materi kegiatan berupa kampanye sadar wisata dan implementasi Sapta Pesona.

Event ini akan melibatkan setidaknya 400 peserta. Mereka terdiri dari Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten atau Kota. Kemudian akan dilibatkan juga kelompok sadar wisata, pelaku pariwiasata dan pengelola daya tarik wisata.

Selain itu, perwakilan tokoh masyarakat, pramuka, Polisi Pariwisata, SKPD terkait, serta masyarakat di sekitar daya tatik wiasata. Diharapkan melalui kegiatan ini industri pariwisata yang digalakkan pemerintah bisa berkembang lebih baik lagi. (as)