Kepiting Unik Ini Ternyata Juga Ada di Bawean

0
1,196 views
Kepiting Uca (Fiddler Crab) di salah satu pantai di Pulau Bawean. (Foto: BG/Wan)
Kepiting Uca (Fiddler Crab) di salah satu pantai di Pulau Bawean. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Kepiting Uca (Fiddler Crab) termasuk salah satu jenis kepiting unik di dunia. Kepiting yang hidupnya di kawasan hutan mangrove ini ternyata juga dijumpai di beberapa pantai di Pulau Bawean, Gresik.

Kepiting Uca atau disebut juga Fiddler Crap (kepiting cangkang satu) mempunyai 97 spesies yang tersebar di hutan bakau, rawa-rawa dan pantai berpasir atau berlumpur Barat Afrika, Atlantik Barat, Timur Pasifik dan Indo-Pasifik.

Kepiting Uca. (Foto: BG/Wan)
Kepiting Uca. (Foto: BG/Wan)

Fiddler Crab memiliki prilaku lucu, yaitu makan, bertengkar dan kawin. Semua itu dilakukan pada waktu yang sama. Kepiting ini termasuk kepiting yang berukuran kecil, hanya sekitar 2-3 cm. Seperti semua kepiting, Fiddler Crab berganti cangkang saat tumbuh.

Bagi para wisatawan yang datang ke Pulau Bawean, Anda tak hanya akan disuguhkan dengan keindahan pantainya saja, wisatawan juga bisa melihat salah satu kepiting unik dari 30 kepiting unik di dunia yaitu Fiddler Crab.

Dalam bahasa Bawean, beberapa masyarakat di sana menyebut kepiting jenis ini “Kobek”. Biasanya banyak ditemukan di tumpukan pasir yang terdapat di bibir pantai. Kepiting ini sangat gesit dan tak mudah dijumpai, karena biasanya tinggal di dalam pasir. (wan)