Pemprov Jatim Siapkan Festival Pulau Bawean

0
2,635 views
Gili Noko Pulau Bawean. (Foto: Dok. BG)
Gili Noko Pulau Bawean. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mencanangkan persiapan festival Pulau Bawean. Hal ini dinilai penting guna mendongkrak kunjungan wisata dan memajukan sektor pariwisata di Pulau Bawean, Kabipaten Gresik.

Rencana itu diasampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf saat membuka kegiata Selamatan Laut di Pelabuhan Perikanan, Desa Sungaiteluk, Kecamatan Sangkapura Bawean, Kabupaten Gresik, Selasa (18/10/2016).

“Kita canangkan untuk menggelar Festival Pulau Bawean, karena saya melihat banyak potensi alam, wisata dan hasil bumi juga lautnya sangat menarik, dan itu belum semuanya tergali dengan maksimal,” kata Wagub Jatim.

Dia menjelaskan, gagasan Festival Pulau Bawean akan diteruskan ke pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur, untuk mendapat tindak lanjut. Kegiatan semacam itu diharapkan dapat meningkatkan potensi wisata Bawean.

Di kesempatan itu, pria yang akrab disapa Gus Ipul iti diberi kesempatan memotong tumpeng sebagai tanda dimulainya acara selamatan laut. Kegiatan ini sebagai rasa syukur nelayan terhadap hasil laut yang melimpah.

‎”Semoga hasil laut di Bawean semakin melimpah, rejeki nelayan berkah dan keluarganya barokah,” tandasnya.

Tampak hadir juga Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim. Usai menggelar tasyakuran, Gus Ipul dan Qosim yang didampingi Camat Sangkapura Abdul Adzim beserta Kepala Desa Sungaiteluk sempay melihat langsung hasil tangkapan Lobster.

Saat ini Lobster Bawean tengah menjadi idola dunia. Itu terlihat dati banyaknya permintaan ekspor udang Lobster luar negeri seperti ke Hongkong, Singapura dan China, dengan harga Rp300-500 ribu per ekor.

“Ada dua jenis Lobster dari Bawean yang diminati dunia, yakni ‎Lonster jenis Bambu dan Mutiara,” ujar Kasi Ops Pelabuhan UPT Pelabuhan dan Sumber Daya Perikanan dan Kelautan, Mufid Supriyadi. (abr)