Festival Dhungka Meriahkan HUT RI ke-71 di Tambak

0
713 views
Festival Dhungka di Pendopo Kecamatan Tambak Bawean, Gresik. (Foto: BG/Abr)
Festival Dhungka di Pendopo Kecamatan Tambak Bawean, Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Ratusan warga tanpak memadati pendopo Kecamatan Tambak Bawean, Gresik pada Jumat (19/7/2016). Mereka tengah asyik menyaksikan festival kesenian Dhungka.

Fastival ini digelar sebagai rangkaian dari peringatan HUT kemerdekaan RI ke-71. Sedikitnya ada 13 kelompok peserta dari 13 desa yang ikut menampilkan saakesenian khas Pulau Bawean ini.

Bagi masyarakat Bawean, Dhungka tak hanya sebatas kesenian semata. Alat tradisional untuk menumbuk padi ini punya sejarah cukup panjang. Namun, warisan nenek moyang ini tak lagi digunakan seiring kemajuan teknologi.

Konon, alat yang dapat menghasilkan irama untuk mengiringi lagu ini kerap dimainkan oleh masyarakat Bawean selepas menumbuk padi. Ini dilakukan sebagai pelepas lelah atau hiburan.

Dhungka merupan sejenis seni musik asli masyarakat Pulau Bawean. Alat musik yang digunakan dalam kesenian Dhungka terdiri atas lesung dan alu (alat untuk menumbuk padi).

Panitia penyelenggara festival Ahen mengatakan, Dhungka merupakan tradisi asli Bawean yang perlu dilestarikan. Salah satunya dengan cara mengadakan festival seperti ini.

Ahen juga menuturkan kreteria penilain dalam pegelaran festival Dhungka ini meliputi aransemen irama, kemerduan fokal serta kesesuaian penampilan.
“Yang kita nilai juga penampilan, “terang Ahen.

Festival setingkat kecamatan Tambak ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim. Sebelumnya, Wabup juga sempat melakukan jalan santai bersama. (abr)