Ratusan Kapal Peserta Sail Indonesia 2018 Bakal Singgah di Bawean

0
40 views
Rute yacht rally Sail Indonesia 2018. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pulau Bawean, Gresik, bakal punya hajat besar berskala nasional dan internasional pada Oktober 2018 mendatang. Ratusan kapal layar atau yacht peserta Sail Indonesia 2018 dari berbagai negara direncanakan singgah di Bawean.

Hal itu disampaikan Zamaahsari (Zam-zam), warga Bawean di Jakarta yang ikut pada pertemuan tokoh Bawean bersama Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata Indroyono Soesilo, di Jakarta akhir pekan lalu.

Hadir dalam pertemuan itu, anggota DPR RI asal Bawean Jazilul Fawaid, Pejabat Kemenko Maritim Mohammad Najid, politisi PPP Syarifuddin, Anis Hamim, Ketua PCNU Bawean Fauzi Rauf, beserta empat kepala desa di Pulau Bawean.

“Bawean akan disinggahi Sail Indonesia pada 2-5 Oktober 2018 ini. Tanggal itu sudah disetujui oleh Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Maritim, Indroyono Susilo bahwa Sail Indonesia akan nampir ke Bawean,” kata Zamzam.

Pertemuan tokoh Bawean bersama Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar Indroyono Soesilo di Jakarta. (Foto: BG/As)

Kabar tersebut dibenarkan Ahmad Najid, pejabat Kemenko Maritim asal Bawean. Dia mengatakan, rute ratusan kapal layar dunia atau yacht rally 2018 akan singgah di Pulau Bawean pada 2-5 Oktober 2018. Event itu bersamaan hari jadi Bawean ke-417.

“Puncak perayaan hari jadi Bawean ke-417 tahun sudah diagendakan pada tanggal 3-4 Oktober 2018 di Bawean. Salah satu event utamanya adalah penyambutan sekitar 200 yacht dari berbagai negara pada Sail Indonesia 2018 dan event lain,” kata Najid.

Dia menjelaskan, dalam beberapa bulan ke depan, panitia nasional yang dikomandani Jazilul Fawaid dan M. Yahya Zaini bersama panitia lokal yang melibatkan seluruh kepala desa di Bawean akan bekerja keras mensukseskan perayan hari jadi Bawean.

Kemudian, pada Februari dan Maret 2018 nanti panitia nasional akan berkunjung ke pulau Bawean untuk memulai persiapan perayaan hari jadi Bawean sekaligus persiapan menyambut event Sail Indonesia 2018 dan kadatangan ratusan kapal yach.

“Event nasional dan internasional di pulau Bawean tentunya menjadi media promosi tentang keunggulan Bawean ke seantero dunia. Utamanya untuk percepatan pengembangan pulau Bawean, khususnya di sektor kepariwisataan,” pungkas Najid. (as)